Animasi Fisika untuk Pembelajaran

Bahasa Tahukah Anda Animasi Fisika? Animasi fisika kini sudah menjadi model pembelajaran di sekolah-sekolah, baik dari tingkat sekolah dasar, SMP, SMA bahkan sampai tingkat universitas. Karena dengan metode pembelajaran animasi, pelajaran fisika yang tampak menakutkan dan ruwet sekali akan menjadi pelajaran yang menyenangkan dan mudah untuk dipahami.

Fisika sebenarnya adalah pelajaran tentang kehidupan sehari-hari. Bukan semata-mata berkaitan dengan rumus dan materi yang menumpuk dalam buku pelajaran. Belajar fisika berarti belajar memahami segala materi dan gerak yang ada di dialam semesta. Nah, jika dari dulu pelajaran fisika itu berkutat dengan buku dan gambar dua dimensi yang tak bergerak. Kini, dengan metode animasi fisika setiap siswa dapat memahami dengan mudah mengenai materi yang disampaikan.

Animasi fisika bisa dibuat dalam bentuk powerpoint, flash player, photoshop cs, atau kita bisa membuatnya dalam bentuk animasi 3Dmax. Dengan animasi 3Dmax biasaya gambar akan menjadi lebih hidup dan tampak nyata sekali. Jadi, sudah sepantasnya setiap pengajar fisika wajib menguasai gambar animasi baik dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, baik dengan falsh player ataupun dengan 3Dmax.

Hal ini sangat diperlukan karena perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat memuntut kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Selain itu, tujuan pembelajaran fisika melalui gambar animasi juga ini mempermudah pemahaman siswa dalam mengaplikasi setiap teori beserta rumusnya.

Dalam situs http://phet.colorado.edu/en/simulations/category/new banyak dipelajari tentang materi fisika dalam bentuk animasi, dari mulai pergerakan benda sampai gerak elektron pada inti atom, juga materi tentang tata surya pun dibahas dengan menari dan cantik melalui gambar animasi. Hanya saja gambar animasinya kebanyakan dalam program flash player, namun ini pun sangat membantu guna memudahkan menyampaikan materi fisika rumit.

Adapun gambar tiga dimensi yang dibentuk oleh 3Dmax kebanyakan bukan materi yang berkaitan dengan pelajaran fisika secara langsung, namun tema grafik yang dibentuk itu lebih luas.

Jika Anda tertarik dengan animasi fisika tentang tata surya, materi yang paling manarik dari pelajaran fisika, anda bisa mengunjungi http://fisika.um.ac.id/index.php/blog-pendidikan/183-screen-saver-animasi-tata-surya.html dalam situs tersebut Anda bisa mempelajari bagaimana terbentuknya gerhana bulan, gerhana matahari, revolusi bumi terhadap matahari, juga gambar bimasakti yang mengagumkan.

Anda juga bisa mempelari bagaimana tutorialnya, cara membuat pergerakan tata surya dengan program 3Dmax, gambar yang dihasilkan akan jauh lebih hidup dan tampaknya nyata daripada dengan menggunakan flash player.

Jika Anda tertarik untuk membuat animasi fisika dengan lebih detail dengan menggunakan 3Dmax, Anda harus mengunjungi http://www.ilmugrafis.com. Anda dapat belajar tentang 3D animasi dan bisa Anda korelasikan dengan metode pembelajaran fisika dengan metode animasi. Selamat mencoba.

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Fisika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s