Materi Pelajaran Matematika SD

Matematika Tahukah Anda Materi Pelajaran Matematika SD? Matematika SD adalah sebuah pelajaran dasar di bidang matematika bagi siswa yang duduk di bangku sekolah dasar. Dalam taraf pendidikan ini, materi yang diberikan lebih condong pada pengenalan pelajaran saja dan belum membahas materi yang dianggap rumit.

Selain itu, dalam pelajaran Matematika SD pun, konsep pembelajaran yang dilakukan lebih mengedapankan pada unsur kesenangan pada siswa. Hal ini sebagai upaya untuk menghilangkan stigma pada siswa tentang pelajaran Matematika adalah sebuah pelajaran sulit yang menjadi momok menakutkan.

Oleh karena itu, setiap guru Matematika SD harus bisa memiliki metode pendidikan yang bisa meraih simpati siswa. Bukan justru sebaliknya, mengedepankan persepsi sebagai guru galak yang bisa berdampak pada image pelajaran itu sendiri. Sebab, tidak jarang siswa memulai menyukai sebuah pelajaran berawal dari kesan yang mereka tangkap pada guru pengajarnya.

Guru yang dianggap ramah dan menyenangkan, bisa menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi siswa. Sebaliknya, guru yang dicitrakan seram dan menakutkan hanya akan menjadikan seorang siswa merasa enggan untuk belajar pelajaran tersebut. Inilah yang harus dikuasai dan dipahami oleh para guru matematika SD. Mengingat di jenjang inilah seorang siswa akan mendapatkan dasar-dasar pembelajaran mereka.


Materi Pelajaran Matematika SD

Sebagai lembaga pendidikan dasar, maka semua pelajaran yang diberikan pun harus melalui sistematika yang tepat. Hal ini demi menyesuaikan kemampuan otak siswa agar tidak mengalami kesulitan dalam belajar matematika SD tersebut.

Beberapa materi pelajaran matematika SD di antaranya adalah :

  1. Materi berhitung. Dalam materi ini, siswa diajarkan mengenal perhitungan penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian angka kecil. Materi ini khususnya diberikan pada siswa kelas 1 hingga kelas 3 SD.
  2. Materi aplikasi. Materi ini mulai mengajarkan siswa untuk melakukan perhitungan matematika yang dikaitkan dengan permasalah sehari-hari. Seperti menghitung kecepatan, membagi waktu, atau juga perhitungan besaran nilai uang. Materi ini mulai diberikan ketika siswa duduk di bangku kelas 4.
  3. Materi pecahan. Materi ini diberikan ketika siswa mulai duduk di bangku kelas 5 SD. Dalam materi ini, siswa akan diajarkan proses perhitungan sebagaimana saat mereka duduk di kelas 1-3, namun angka yang digunakan dalam bentuk pecahan.
  4. Pecahan desimal dan perhitungan bangun ruang. Materi pecahan desimal hampir sama dengan materi yang ada di kelas 5. Hanya saja angka yang digunkan dalam bentuk pecahan desimal. Selain itu, materi bangun ruang mulai diperkenalkan. Seperti perhitungan luas bangun, volume atau juga menghitung panjang sisi atau juga ruas jari-jari lingkaran. Kedua materi ini diberikan saat siswa duduk di kelas 6 SD.
About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Matematika

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s