Cara Belajar Matematika

Matematika Tahukah Anda Cara Belajar Matematika? Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sebagai momok oleh siswa di setiap tingkatan sekolah. Hal ini karena adanya stigma bahwa pelajaran ini adalah pelajaran yang sangat sulit karena memerlukan ketepatan dalam proses belajarnya.

Kumpulan angka dalam matematika merupakan sebuah masalah yang sangat rumit untuk dipecahkan. Demikianlah yang ada dalam benak sebagian besar siswa, manakala ditanya tentang persepsi mereka perihal pelajaran berhitung ini. Akibatnya ada ketakutan siswa saat harus belajar materi pelajaran tersebut.

Inilah sebenarnya yang menghambat seorang siswa ketika harus belajar matematika. Adanya kesalahan pemahaman tentang pelajaran tersebut, menjadikan sebuah beban tersendiri bagi siswa. Mereka akan merasa rendah diri dan minder, karena menganggap mereka tidak mampu untuk menguasai materi pelajaran yang sudah dianggap sulit tersebut.

Bagi para guru, hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Selain harus bisa mengajarkan materi pelajaran, para guru mendapat tugas untuk mengubah stigma siswa tentang pelajaran matematika. Tanpa adanya perubahan stigma ke arah yang positif, maka akan sulit bagi seorang guru untuk bisa mencapai target pembelajaran yang sudah dicanangkan.

Cara Belajar Matematika

Dengan adanya pandangan awal tentang matematika, seorang guru harus bisa menciptakan sistem yang menjadikan siswa mulai menyukai pelajaran ini. Karena dengan rasa suka, maka akan muncul rasa ingin tahu yang selanjutnya bisa berkembang ke arah yang positif. Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam belajar matematika di antaranya adalah :

  1. Pelajari konsep sebuah materi, dan bukan sekedar menghafal soal. Dengan menguasai konsep, maka bagaimana pun sebuah soal dikreasikan kita akan menguasai dan bisa mengerjakan soal tersebut.
  2. Perbanyak latihan. Dengan memperbanyak latihan, maka kita akan terbiasa berhadapan dengan soal-soal matematika.
  3. Belajar dengan orang yang lebih pandai. Melalui cara ini kita akan bisa mendapatkan informasi baru tentang teknik memecahkan soal matematika.
  4. Seringlah mengikuti lomba matematika. Dengan cara ini kita akan memiliki banyak pengalaman dan trik pemecahan soal secara cepat dan praktis.
  5. Jangan lupakan materi pelajaran matematika yang sudah berlalu. Sebab, dalam matematika masing-masing materi memiliki hubungan yang saling terkait. Sehingga jangan menganggap materi yang sudah berlalu tidak lagi perlu dipelajari karena dianggap tidak ada gunanya.

Tinggalkan komentar

Filed under Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s