Bahasa Indonesia dalam Lingkup Perguruan Tinggi

Bahasa Tahukah Anda Bahasa Indonesia dalam Lingkup Perguruan Tinggi? Sesuai dengan kurikulum, Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diajarkan kepada siswa SD, SMP, dan SMA. Jika demikian adanya, harusnya para luulusan SMA sudah menguasai atau setidaknya mempunyai pengetahuan yang memadai tentang Bahasa Indonesia. Namun faktanya, masih sedikit mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia secara maksimal.

Alasan inilah yang membuat Dirjen Dikt. Depdiknas RI memutuskan untuk memasukkan Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diajarkan kepada seluruh mahasiswa perguruan tinggi di berbagai jurusan. Tujuannya tentu saja untuk mengasah kemampuan berbahasa Indonesia para mahasiswa dan sebagai sarana untuk mengembangkan kepribadian para mahasiswa.

Selain karena alasan yang sudah disebutkan tadi, terdapat beberapa hal lain yang membuat Bahasa Indonesia layak dan harus dijadikan sebagai sebuah mata kuliah di perguruan tinggi. Apa sajakah alasan tersebut? Berikut adalah uraiannya.

Bahasa Indonesia dan Kepribadian Bangsa

Jika dilihat dari perjalanan sejarah, Bahasa Indonesia merupakan sebuah bahasa yang telah terbentuk dalam kurun waktu yang cukup lama, sekitar 1 abad. Nah, selama perjalanan itu telah banyak budaya, budi pekerti, nilai luhur, serta pengalaman batin masyarakat Indonesia yang terdokumentasikan dalam Bahasa Indonesia.

Sebagai contoh, dalam ungkapan “berat sama dipikul, ringan sama dinjinjing; dan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” saja kita, bahkan masyarakat dunia sudah bisa menilai bagaimana kepribadian Bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur yang khas yang  terdapat dalam berbagai ungkapan dalam Bahasa Indonesia merupakan kepribadian Bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

Bahasa Indonesia dan Nasionalisme

Bangsa Indonesia sudah memiliki bahasa persatuan jauh sebelum meraih kemerdekannya. Isi Sumpah Pemuda 1928 yang menyertakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan merupakan landasan yang kuat dalam mempersatukan para pemuda Indonesia untuk terus bejuang melawan penjajah hingga akhirnya didapatlah kemerdekaan yang seutuhnya bagi Indonesia.

Kita selaku warga negara sudah sepantasnya bersyukur atas semua yang telah diraih oleh Bangsa Indonesia dengan bahasa perstuannya. Seperti halnya bagi warga dunia yang menyatakan bahwa bahasa merupakan jati diri bangsa, bagi Bangsa Indonesia pun Bahasa Indonesia merupakan salah satu identitas nasional.

Oleh karena itulah mengapa pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi dianggap sangat penting untuk diajarkan. Selain sebagai media untuk memupuk rasa memiliki, rasa mencintai, dan menumbuhkan kebanggaan untuk menggunakannya, pembelajaran ini pun dimaksudkan agar setiap mahasiswa selalu merasa memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga, membina, dan melestarikan Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia dan Perkembangan Zaman

Seiring dengan perkembangan zaman, Bahasa Indonesia pun mengalami perkembangan yang sangat signifikan, terutama dalam hal kosakata. Perkembangan kosakata yang sangat pesat ini menuntut para pemakai Bahasa Indonesia agar selalu mengikuti perkembangnnya.

Selain itu, perkembangan yang terjadi juga menuntut peran semua pemakai Bahasa Indonesia, termasuk para akademisi untuk selalu berperan aktif dalam melakukan pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia secara positif. Dengan peranan aktif dari para akademisi ini diharapkan perkembangan Bahasa Indonesia akan selalu konsisten dan sesuai dengan ciri khas Bahasa Indonesia.

Manfaat dari pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi ini, selain memang difokuskan untuk melatih mahasiswa agar memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, juga agar para penerus bangsa ini memiliki kebanggaan yang tinggi menggunakan Bahasa Indonesia dan memiliki kepedulian terhadap perkembangan Bahasa Indonesia.

Tinggalkan komentar

Filed under Bahasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s