Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Bahasa Tahukah Anda Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak? Tujuan belajar bahasa Inggris bagi pelajar, kini bukan lagi sekadar mengejar nilai bagus di sekolah. Bahkan saat ini sudah menjadi kebutuhan. Bagaimana tidak, penguasaan terhadap bahasa Inggris memudahkan kita dalam menguasai program komputer, dimana menunya menggunakan intruksi berbahasa Inggris.

Buku teks berkualitas yang umumnya berbahasa Inggris pun akan mudah dicerna sebagai referensi untuk menyusun skripsi di perguruan tinggi. Apalagi jika Andatertarik pada pekerjaan sebagai penerjemah, public relation, atau editor yang membutuhkan keahlian berbahasa Inggris baik aktif ataupun pasif, tentu mutlak menguasai bahasa Inggris.

Sebenarnya tidak sulit belajar bahasa Inggris sendiri atau otodidak. Apalagi di sekolah sudah ada mata pelajaran khusus bahasa Inggris. Anda tinggal sungguh-sungguh memperhatikan ketika guru mengajar, dan bertanya jika tidak memahami materi yang diajarkan. Intinya, jangan sia-siakan momen belajar bahasa Inggris di sekolah karena kurikulum dari sekolah sudah sesuai dengan tahapan kemampuan belajar Anda.

Belajar dari Lirik Lagu

Nah, bagi yang tidak suka belajar terlalu serius, ada tips untuk mendongkrak kemampuan berbahasa Inggris secara otodidak. Ya, beberapa lirik lagu berbahasa Inggris masih menggunakan grammar (tata bahasa) yang baik dan benar, misalnya lagu-lagu milik band Muse, Greenday, dan lain-lain.

Anda bisa belajar  bahasa Inggris melalui mereka dengan cara mendengarkan lagunya, mencoba menuliskan, kemudian mengecek tulisan Anda dengan teks lirik sebenarnya. Secara tidak langsung, Anda sudah memperdalam skill listening (mendengarkan) dan writing (menulis).

Melalui lirik lagu juga, Anda bisa mempelajari beberapa istilah percakapan yang sederhana untuk menyampaikan maksud Anda dalam bahasa Inggris. Perbendaharaan kosa kata kita pun akan bertambah dengan sendirinya.

Akhirnya, Anda menjadi terbiasa mendengar dan menulis teks berbahasa Inggris. Jika suatu saat mendengar atau membaca kalimat berbahasa Inggris yang kurang tepat, Anda bisa langsung mengetahuinya. Belajar bahasa Inggris seperti ini menyenangkan, bukan?

Belajar Melalui Film

Belajar bahasa Inggris pun bisa dilakukan sambil menonton DVD. Film-film kartun seperti Finding Nemo, Up, Coraline, Ice Age bisa membantu Anda memahami bahasa Inggris lebih dalam. Caranya, gunakan subtitle berbahasa Inggris untuk teksnya. Anda bisa mempelajari cara mengucapkan suatu kata atau kalimat dalam bahasa Inggris dengan benar tanpa perlu repot-repot mendatangkan native speaker (pembicara asli) dari negeri Eropa sana.

Kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris pun bisa diasah jika kita bergabung dengan komunitas yang sehari-harinya berbahasa Inggris. Ajak teman-teman Anda yang memiliki visi dan misi yang sama untuk belajar bahasa Inggris otodidak, agar menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Jika harus belepotan sedikit tidak mengapa, yang penting percaya diri. Anda juga bisa chat dengan orang bule melalui jejaring sosial dan pertemanan. Mereka tidak akan segan membantu meng-upgrade kemampuan bahasa Inggris Anda.

Nah, ternyata banyak media belajar bahasa Inggris yang bisa Anda optimalkan, bukan? Melalui cara mudah dan menyenangkan, Anda bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Filed under Bahasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s