Percakapan Bahasa Belanda Dasar

Bahasa Tahukah Anda Percakapan Bahasa Belanda Dasar? Jika berkunjung ke ibu kota Belanda, Amsterdam, Anda mungkin berdecak kagum pada kemampuan mayoritas mereka dalam berbahasa Inggris. Mereka pun tidak sungkan-sungkan untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris kepada para wisatawan asing.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menyapa mereka meski Anda tidak menguasai satu-dua kalimat percakapan bahasa Belanda. Namun, mereka akan lebih senang jika Anda menyapa mereka dengan bahasa ibu mereka.

Berikut ini beberapa kalimat percakapan bahasa Belanda dasar. Cara membacanya pun cukup mudah, huruf o dan e yang berdampingan (oe) dibaca u, huruf j dibaca y (keduanya seperti ejaan lama bahasa Indonesia), sedangkan huruf g dibaca dengan suara  h tipis atau kh. Sisanya sama dengan membaca huruf-huruf dalam bahasa Indonesia.

Sapaan Salam

Kalimat pertama yang terucap saat berjumpa dengan orang lain adalah sapaan salam. Berikut beberapa sapaan salam yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Belanda:

Hallo.
Sapaan salam yang universal. Anda bisa menggunakan kata ini di mana dan kapan saja untuk menyapa orang Belanda yang Anda temui.

Hoi.
Dalam percakapan bahasa Belanda, kata sapaan di atas ditujukan kepada orang yang sudah Anda kenal atau akrab. Maknanya sama persis dengan sapaan “Hai” atau “Hei” dalam bahasa Indonesia.

Goedemorgen.   
Selamat pagi.
Anda bisa menggunakan sapaan ini di tempat-tempat yang formal atau ditujukan kepada orang yang belum Anda kenal. Kadang-kadang sapaan ini disingkat menjadi “Morgen” saja.

Goedemiddag.
Selamat siang.
Penggunaan sapaan ini sama dengan Goedemorgen. Dalam percakapan, orang Belanda sering menyingkatnya menjadi “Middag” saja.

Goedenavond.
Selamat malam.
Penggunaan sapaan ini sama dengan Goedemorgen dan Goedemiddag. Khusus untuk sapaan selamat malam ini, orang Belanda tidak biasanya menyingkatnya.

Salam Perpisahan

Ketika meninggalkan toko, restoran, atau hotel, dalam percakapan bahasa Belanda, kita bisa menggunakan kata atau frase berikut:

Dag.
Secara harfiah berarti “hari”. Dalam bahasa Indonesia kita kerap menggunakan kata yang sama, hanya saja dengan perubahan tulisan menjadi “Dah” atau diulang menjadi “Dadah.”

Tot ziens.
Sampai jumpa.
Frase di atas biasanya digunakan untuk mengucapkan salam perpisahan dengan orang yang belum Anda kenal, misalnya pegawai restoran atau toko.

Doei atau doeg.
Selamat tinggal.
Kata di atas biasanya digunakan untuk mengucapkan salam perpisahan dengan orang yang belum Anda kenal, dan dalam suasana yang santai.

Ucapan Terima Kasih

Berikut beberapa kalimat ucapan terima kasih dalam percakapan bahasa Belanda:

Dank u wel.
Terima kasih banyak.
Kalimat di atas merupakaan ucapan terima kasih yang paling umum dan biasanya digunakan dalam suasana yang formal untuk menyapa orang-orang yang belum Anda kenal.

Dank je wel.
Terima kasih banyak.
Dalam percakapan bahasa Belanda, kalimat di atas digunakan untuk mengucapkan terima kasih dalam suasana yang akrab untuk orang-orang yang sudah Anda kenal baik, misalnya anggota keluarga, teman sekelas, dan lain-lain.

Bedankt.
Terima kasih.
Bentuk ringkas dari kalimat resmi Dank u wel, dan cocok untuk segala situasi.

Sapaan Tuan dan Nyonya

Jika dalam bahasa Indonesia, kita menyapa orang yang belum kita kenal atau sebagai bentuk penghormatan dengan sebuatan “Bapak” dan “Ibu”, dalam percakapan bahasa Belanda Anda bisa menggunakan kata “Meneer” untuk laki-laki dan “Mevrouw” untuk perempuan.

Secara harfiah kata Meneer diterjemahkan sebagai Tuan, sedangkan Mevrouw diterjemahkan sebagai Nyonya. Namun, dalam percakapan bahasa Belanda, kata Mevrouw juga bisa disematkan kepada perempuan yang masih lajang.

1 Komentar

Filed under Bahasa

One response to “Percakapan Bahasa Belanda Dasar

  1. kalau membalas ucapan terima kasih? seperti sama-sama (you are welcome?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s