Tips Belajar Matematika Cepat

Matematika Tahukah Anda Cara Belajar Matematika Cepat ? Tips belajar matematika adalah langkah-langkah atau cara mudah  untuk dapat mempelajari materi pelajaran matematika. Dengan memperdalam cara belajar matematika secarfa mudah, maka setidaknya kita sudah mengetahui kelemahan dari mata pelajaran matematika.

Pelajaran matematika memang dianggap sebagai mata pelajaran yang paling mematikan oleh sebagian besar pelajar kita. Kita tidak mengetahui secara pasti, apa yang menyebabkan pelajar kita mengasumsikan hal seperti itu? Apakah ilmu menghitung sudah sedemikian rumitnya sehingga anak didik kita kesulitan untuk mengikutinya? Sungguh ini merupakan masalah pelik yang harus segera ditangani bersama-sama.

Guru Matematika Harusnya Simpatik

Salah satu langkah konkrit untuk menumbuhkembangkan kesadaran anak didik atas pentingnya mata pelajaran matematika adalah dengan memberikan tips belajar matematika secara cepat dan tepat.

Guru harus mampu memberikan langkah-langkah praktis dalam mengerjakan matematika. Langkah-langhkah inilah yang nantinya dijadikan sebagai langkah efektif dan efisien saat belajar matematika.

Seharusnya, guru matematika bersikap lunak dan fleksibel saat memberikan proses pendidikan dan pembelajaran. Mereka seharusnya menumbuhkan sikap familiar di saat membimbing belajar anak didik. Dengan sikap familiar ini, maka anak merasa nyaman saat belajar matematika dan matematika bukan lagi pelajaran momok.

Guru matematika seharusnya tidak boleh terlalu tegang dan kaku dalam proses pembelajarannya. Hal ini dapat menyebabkan anak didik tegang sehingga mengurangi tingkat konsentrasi mereka. Seperti kita ketahui matematika itu termasuk dalam kelompok mata pelajaran momok bagi anak didik.

Anak didik menganggap matematika itu pelajaran yang sedemikian menakutkan sehingga setiap kali jam pelajaran matematika, maka tingkat konsentrasi anak didik menurun secara drastic. Mereka tidak konsen sebab mereka sudha terjebak pada anggapan umum tentang materi pelajaran matematika yang sulit.

Beberapa Tips Belajar Matematika Secara Cepat

Untuk memudahkan proses belajar matematika, maka kita seharusnya memperhatikan beberapa hal. Hal-hal ini merupakan langkah praktis untuk menguasai materi matematika. Tips ini merupakan langkah konkrit yang banyak dialami oleh anak didik dan dibimbing oleh guru yang penuh pengertian.

Matematika memang momok, pelajaran yang sangat menakutkan sebab dianggap sulit. Tetapi bukan berarti matematika tidak dapat dipelajari dan dikuasai. Justru untuk kondisi tersebut seharusnya menjadikan kita terpicu dan terpacu untuk berusaha menguasai dan memahaminya.

Beberapa cara yang mungkin dapat memudahkan dalam mempelajari matematika, misalnya:

•    Membuat Ringkasan Rumus di Kertas Kecil

Ringkasan rumus merupakan langkah kecil tetapi besar dalam proses mempelajari matematika. Ringkasan ini mengambil rumus-rumus dasar dari setiap topic pembelajaran. Dengan demikian, maka setiap saat kita dapat belajar matematika.

Ringkasan rumus di kertas kecil ini memang upaya untuk menyederhanakan serrta memudahkan kita saat belajar. Dengan kertas kecil ini, maka kita dapat membawanya kemana saja kita pergi dan selanjutnya dapat selalu membacanya, mempelajarinya setiap saat.

•    Selalu Mengulang Pelajaran

Matematika memang sulit, tetapi ada pepatah mengatakan bahwa semua bisa karena biasa. Jika kita terbiasa melakukan sesuatu, maka kita pasti bisa. Ini merupakan hukum alam.

Oleh karena itulah, maka untuk dapat menguasai materi pelajaran matematika, maka kita harus selalu mengulang materi pelajaran. Mengulang yang kita maksudkan dalam hal ini adalah berarti secara intens belajar.

•    Menyelesaikan Soal Buatan Sendiri

Salah satu cara belajar yang efektif dalam pelajaran matematika dalam terus berlatih mengerjakan soal-soal. Hal ini karena matematika termasuk dalam kelompok mata pelajaran eksak, yaitu pelajaran yang mengutamakan perhitungan.

Oleh karena itulah, maka kita harus sering berlatih dalam perhitungan. Salah satu cara yang efektif adalah selalu membuat soal-soal terkait dengan materi pelajaran dan menyelesaikannya sendiri. Dengan demikian kita merasa asyik dan nyaman saat harus menyelesaikan soal tersebut. Hal ini karena kitalah yang membuat soal tersebut.

Pelajaran matematika memang sulit, tetapi sebenarnya pelajaran ini bukanlah momok yang menakutkan, melainkan sesuatu yang sangat menarik hati. Dengan sikap seperti ini, maka pada saatnya kita akan menjadikan matematika sebagai mata pelajaran yang menyenangkan sebab menarik hati.

Jika sudah mampu mengubah anggapan matematika sebagai momok menajdi sesuatu yang menarik hati, maka selanjutnya tidak akan kesulitan dalam mempelajari materi matematika.

Ayo, lakukan mulai sekarang!

1 Komentar

Filed under Matematika

One response to “Tips Belajar Matematika Cepat

  1. boleh juga tipsnya.. thx yaw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s