Tips Pintar Matematika

Matematika Tahukah Anda Tips Pintar Matematika? Matematika adalah bidang studi yang sering menjadi momok bagi anak sekolah. Hampir semua anak tidak menyukai pelajaran ini.

Hal ini disebabkan karena sulitnya anak untuk mengerti mata pelajaran matematika. Jika anak mengerti, maka ketidaksukaan ini secara perlahan-lahan akan terkikis. Untuk itulah ada tips pintar matematika yang bisa dicoba untuk membuat anak Anda menjadi suka matematika.

Berbagai Tips Menguasai Matematika

Matematika adalah ilmu yang membutuhkan kemampuan logika, kemampuan untuk berpikir secara logis. Sebenarnya matematika tidak terlalu sulit, karena selain membutuhkan logika, matematika merupakan ilmu pasti. Artinya jawaban untuk setiap soal matematika adalah suatu yang pasti, misalnya 1 + 1 hasilnya 2.

Di dalam matematika yang diperlukan adalah memahami konsep di balik setiap soalnya. Berikut ulasan beberapa tips pintar matematika yang bisa Anda terapkan pada anak Anda.

Belajar dari Contoh

Setiap buku pelajaran matematika pasti menyertakan penjelasan materi dan contoh soal. Cara termudah untuk memahami suatu soal adalah belajar dari contoh.

Memang terkadang soal yang dibahas di contoh merupakan materi yang sangat dasar. Tapi justru itulah, penguasaan dasar akan mempermudah saat mengerjakan materi yang lebih sulit.

Belajar dari Materi yang Lebih Mudah Dahulu

Untuk menguasai suatu bahan yang sulit, harus dimulai dari materi yang mudah terlebih dahulu. Ciptakan keinginan anak untuk belajar matematika dahulu dengan memberikan soal-soal yang mudah.

Saat anak mulai menikmati mudahnya matematika, barulah tingkat kesulitan soal bisa ditingkatkan secara perlahan-lahan. Dengan menjalankan tips pintar matematika ini, anak Anda akan menjadi seorang yang suka matematika dan menguasainya dengan baik.

Belajar dan Berlatih Teratur

Sama dengan bidang lainnya, untuk bisa pintar matematika dibutuhkan latihan yang cukup. Belajar dan berlatihlah secara teratur sehingga materi bisa dikuasai dengan baik. Kemampuan anak bisa maksimal dengan belajar setiap hari secara teratur dalam jangka waktu tertentu, misalnya 30 menit sehari.

Mengikuti Kursus Matematika

Ada banyak kursus matematika yang menjamur di seluruh pelosok negeri. Mengambil salah satu kursus matematika bisa menjadi cara membantu anak untuk pintar matematika.

Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan yang hendak dicapai dengan memasukkan anak di kursus matematika. Setelah itu, barulah pilih tempat kursus yang sesuai dengan tujuan yang hendak Anda capai itu.

Belajar Kelompok

Belajar matematika secara berkelompok juga merupakan salah satu tips pintar matematika. Saat belajar bersama, anak bisa melihat sisi yang berbeda dari teman-temannya dalam menyelesaikan suatu soal. Anak akan lebih mudah menguasai materi saat belajar berkelompok dibandingkan dengan belajar sendiri.

Itulah beberapa tips pintar matematika yang mungkin bisa berguna untuk meningkatkan kemampuan matematika anak Anda. Yang penting adalah latihan soal secara terus menerus dan berikan motivasi supaya mereka tidak mudah putus asa. Dan tak ketinggalan adalah pujian yang membangun kepercayaan diri mereka dalam menghadapi matematika di sekolahnya.

1 Komentar

Filed under Matematika

One response to “Tips Pintar Matematika

  1. Sangat menarik!
    Untuk lebih sukses coba metode APIQ.
    APIQ membantu Anda meraih sukses dengan menguasai matematika kreatif yang asyik. Matematika yang dulunya susah, kini menjadi mudah bersama APIQ. Anda berhak untuk menjadi jago matematika. Buktikan langsung dengan menggunakan metode APIQ.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s