Buku Fisika Asyik dan Menarik

Bahasa Tahukah Anda Buku Fisika Asyik dan Menarik? Mendengar kata fisika, yang sering terbayang di benak kita adalah rumus-rumus yang rumit dan sulit. Buku fisika memang memuat berbagai rumus dari teori-teori fisika. Salah satu penyebab rumus terkesan sulit, karena kita belum paham teori dasarnya. Jika kita paham teori dasar fisika, rumus tersebut justru akan memudahkan kita memahami hukum fisika.

Paham Konsep Dasar

Setiap pokok bahasan fisika mempunyai [link:3427]konsep dasar yang sebaiknya kita kuasai terlebih dahulu. Konsep mengenai gerak misalnya, paham kenapa benda bergerak, apa saja yang terjadi akibat gerak, akan memudahkan kita memahami rumus-rumus kecepatan, percepatan, dan gaya-gaya yang berhubungan dengan kecepatan.

Kesalahan yang sering kita lakukan adalah menghapal rumus tanpa tahu konsep dasarnya. Sekadar menghapal rumus tidak akan memberikan kesan yang mendalam pada ingatan jangka panjang sehingga kita cepat lupa. Belajar dengan mengalami sendiri atau mampu memvisualisasikan konsep gerak akan memudahkan kita mengingat rumus-rumus yang berhubungan dengan gerak.

Buku Fisika Bergambar

Jika Anda malas memahami konsep dasar fisika melalui buku pelajaran, Anda dapat belajar fisika dari buku fisika bergambar yang sudah banyak beredar di toko buku. Beberapa penerbit telah mengeluarkan buku fisika yang asyik dan menarik untuk dibaca yaitu Kartun Fisika, Amazing Experiment, seri Why?, dan biografi tokoh-tokoh fisika.

Kartun Fisika diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Kartun Fisika merupakan buku fisika yang dikemas dalam bentuk komik jenaka dan kartun-kartun lucu. Berbagai konsep fisika dihadirkan dengan gambar menarik. Rumus-rumus dijabarkan secara sistematis.

Kartun Fisika adalah karya Larry Gonick dan Art Huffman yang mempunyai judul asli The Cartoon Guide to Physics. Terbit pertama kali di New York pada 1990 dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia pada 2001. Kartun Fisika telah dicetak belasan kali dan termasuk buku laris di toko-toko buku.

Amazing Experiment adalah seri buku fisika dan kimia berbahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pustaka Lebah. Dalam seri Amazing Experiment, Anda akan disuguhkan enam percobaan dalam setiap bab disertai penjelasan secara teoretis dan aplikasinya.

Pada seri Sound misalnya, Anda akan mendapat sajian percobaan musik botol, di mana botol-botol yang disusun dengan volume cairan tertentu, lalu disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan tangga nada. Gambar-gambar menarik dalam seri Amazing Experiment juga membuat buku fisika berbentuk ensiklopedi ini tidak membosankan.

Buku Fisika lainnya adalah seri Why? yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Penerbit kelompok Gramedia ini menyajikan konsep-konsep fisika melalui pertanyaan-pertanyaan seputar fisika. Gambar-gambar kartun yang lucu, juga membantu kita memahami konsep dan hukum-hukum fisika. Elex juga menerbitkan seri biografi para penemu dalam bentuk komik yang mengasyikkan untuk dibaca.

Dengan buku-buku tersebut, kini tidak ada kata sulit lagi untuk Fisika. Meskipun buku dikemas untuk anak-anak, buku-buku fisika tersebut juga cocok untuk dewasa. Jika tidak percaya, silakan cari dan nikmati sendiri.

Tinggalkan komentar

Filed under Fisika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s