Cara Belajar Fisika

Bahasa Tahukah Anda Belajar Fisika? Belajar Fisika itu menyenangkan. Percayalah. Banyak orang yang tidak menyukai Fisika karena lebih mengaitkan pelajaran Fisika dengan kesulitan perhitungan seperti halnya Matematika, padahal tidak begitu. Fisika adalah pelajaran tentang alam semesta, dan itu menyenangkan. Kalau pun toh timbul teori berupa hitungan, itu hal yang tidak dapat terhindarkan.

Hitungan pada dasarnya adalah kepastian yang dibutuhkan untuk mengetahui sesuatu. Toh, Fisika bukan ilmu sosial di mana hanya penjabaran definisi yang dibutuhkan, namun juga dibutuhkan hitungan pasti yang mengedepankan sebuah teori menjadi pasti.

Pengungkit Adalah Fisika Alami

Apakah Anda pernah kebingungan ketika ingin mengangkat sebuah benda kotak yang besar dan berat? Anda tentu membutuhkan alat khusus yang bisa meringankan beban Anda ketika mengangkat benda tersebut, itulah pengungkit.

Pengungkit sebenarnya adalah besi atau bisa juga kayu yang kita gunakan sebagai alat bantu untuk mengangkat sebuah benda, misal menggulingkan sebuah batu besar. Letakkan pengungkit pada satu sisi batu atau kotak, kemudian tekan sisi lainnya. Niscaya benda yang kita anggap tak bisa kita gerakkan akan dapat bergerak, itulah yang disebut gaya.

Pengungkit adalah benda yang meringankan beban kita dan memberikan efek gaya yang kemudian menjadi ilmu Fisika. Jangan kaget kalau kemudian akan muncul hitungan dan kemudian muncul angka-angka dari benda bernama pengungkit tersebut. Angka itu untuk mencerminkan berkurangnya berat benda karena bantuan pengungkit.

Katrol dan Mudahnya Timba Air

Pernahkan Anda mencoba menarik air dari alat timba? tariklah dari tali yang tidak kita beri katrol, pastinya Anda akan kesulitan untuk menariknya, napas pun terengah-engah. Tapi, bila kita pakai bantuan katrol, benda berat itu menjadi ringan.

Katrol membagi berat sehingga tenaga kita menjadi hanya setengahnya saja untuk mengangkat aliran air. Karena bentuk katrol itu lingkaran, menjadikan tali tambang bergerak dengan lincah dan kita bisa menarik air dari alat timba dengan cepat. Katrol adalah alat yang ditemukan akibat ilmu Fisika bercampur mekanik.

Alam Semesta Pun Ilmu Fisika

Tahukah Anda, bahwa berputarnya bumi, berputarnya segala jenis planet yang mengelilingi Matahari dan berputarnya Bulan mengelilingi Bumi adalah ilmu Fisika? Yang patut dipelajari adalah pergerakan mereka yang konstan dan menciptakan gaya. Bumi berputar pada porosnya. Sambil berputar, Bumi juga mengelilingi Matahari. Untuk bisa membuat Bumi tetap di tempat walau berputar juga dibutuhkan gaya gravitasi.

Gaya ini terkenal karena mampu membuat sesuatu kembali ke porosnya. Seperti benda yang jatuh, akan turun ke bawah, tidak lepas ke mana-mana. Bumi yang berputar, tidak akan melenceng ke arah yang lain karena tetap dijaga oleh gravitasi. Begitu pun pergerakan semua planet, bintang dan seluluh jagat raya, semua ada gravitasinya, ada massanya. Dan yang terpenting, semua ada sebab dan akibatnya. Ilmu Fisika mempelajari sebab dan akibat itu.

Tinggalkan komentar

Filed under Fisika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s