Jurnal Pendidikan Biologi

Biologi Tahukah Anda Jurnal Pendidikan Biologi? Istilah jurnal bukan sebuah kata yang populer bagi masyarakat umum. Namun, kata jurnal akrab di telinga para akademisi, guru, dosen, ataupun mahasiswa. Di dunia pendidikan, jurnal memegang peranan penting untuk menyebarkan hasil penelitian maupun penemuan baru pada bidang ilmu pengetahuan.

Demikian pula dalam dunia pendidikan biologi, mengenalkan jurnal pendidikan biologi sebagai referensi dalam edukasi dan transfer keilmuan, tampaknya mutlak diperlukan. Apalagi, perkembangan biologi yang sedemikian pesat dan menghasilkan berbagai turunan keilmuan.

Berbagai ilmu turunan biologi di antaranya mikologi (mempelajari jamur), bakteriologi (memperdalam bakteri), ekologi (menganalisis keseimbangan ekosistem), dan beberapa turunan lain yang timbul satu per satu karena didukung perkembangan teknologi sehingga setiap orang yang bekecimpung di dunia ilmu pengetahuan alam wajib mengenal jurnal pendidikan biologi.

Mengenalkan Jurnal Pendidikan Biologi Sejak Dini

Gelombang ilmu pengetahuan yang sedemikian besar, bila tidak diimbangi dengan langkah ke depan untuk mengejar ketertinggalan informasi, akan membuat ilmu pengetahuan kita semakin tertinggal jauh di belakang. Khususnya, di bidang ilmu pengetahuan alam, lebih spesifiknya ilmu biologi.

Oleh sebab itu, mengenalkan jurnal pendidikan biologi dengan langkah awal berpikir dan bertindak ilmiah perlu untuk dimulai sejak dini.

Salah satu langkah antisipatif supaya kita mampu berpikir ilmiah mulai saat ini adalah dengan berlatih mengenalkan jurnal pendidikan biologi, melalui pembuatan percobaan sederhana dan mencoba menuliskan alur penelitian yang Anda lakukan.

Membuat percobaan sederhana tentang biologi dan pendidikan dapat dilakukan oleh siapa pun. Mulai anak Sekolah Dasar, SMP, SMA, mahasiswa, guru, hingga dosen. Karena jurnal biologi ini berhubungan dengan pendidikan atau proses belajar mengajar, untuk lebih mudahnya penelitian dilakukan di dalam kelas.

Menyusun Jurnal Pendidikan Biologi Sederhana

Berikut rancangan pembuatan jurnal biologi sederhana di dalam kelas.

  1. Kita bisa meminta siswa untuk membuat angket tentang proses belajar mengajar Biologi di dalam kelas. Siswa menuliskan semua bab Biologi yang ada di dalam buku ajar, kemudian mengurutkannya.
  2. Siswa lain diminta memilih bab Biologi yang mereka anggap paling mudah dipahami hingga bab yang cenderung susah untuk dipelajari, beserta alasannya. Dari sini, kita bisa mengetahui topik mana saja yang harus diwaspadai oleh setiap pengajar karena butuh tenaga ekstra untuk mempermudah proses pemahaman siswa.
  3. Setelah kita memperoleh hasil, angket sederhana tersebut dapat kita buat grafik ataupun tabel tentang tingkat kesulitan siswa dalam bab-bab pelajaran biologi.
  4. Setelah itu, mulailah kita merancang skema penulisan karya ilmiah untuk digabungkan dengan penelitian dan hasilnya. Mulai judul, dilanjutkan dengan bab I yang berisi pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian). Bab II yang menjelaskan tentang tinjauan pustaka kita. Bab III yang memaparkan hasil penelitian dan pembahasannya, ditutup dengan simpulan penelitian yang telah dilakukan dan beberapa pustaka acuan. Nah, jurnal Anda telah selesai dibuat.
  5. Anda bisa melakukan penelitian sederhana dengan topik yang berbeda, seperti mengetahui minat siswa terhadap cara mengajar Biologi yang selama ini Anda lakukan atau membandingkan pola pengajaran antara ceramah dengan praktikum di laboratorium.

Membukukan Jurnal Pendidikan Biologi

Umumnya, jurnal ilmiah yang terpisah-pisah dengan peneliti yang berbeda-beda disatukan dalam satu bendel buku sehingga terlihat lebih terpercaya. Anda juga bisa mengenalkan jurnal pendidikan biologi dengan memberikan tugas penelitian bagi siswa-siswi Anda sebagai tugas akhir di sekolah untuk kenaikan kelas.

Setelah mereka melakukan penelitian sederhana dan menyelesaikan penulisan jurnalnya, kumpulan jurnal siswa-siswi Anda dapat dibukukan. Jurnal pendidikan biologi ini bisa menjadi bukti Anda mampu mendidik peneliti-peneliti muda biologi dari negeri sendiri.

Tinggalkan komentar

Filed under Biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s