Manfaat Belajar Biologi

Biologi Tahukah Anda Manfaat Belajar Biologi? Biologi adalah salah satu cabang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Di tingkat Sekolah Menengah Pertama, ilmu ini masih digabungkan dalam pelajaran IPA bersama dengan bagian ilmu lain seperti kimia dan fisika. Mata pelajaran ini belum berdiri secara terpisah, sebagaimana mata pelajaran ini di tingkat Sekolah Menengah Atas.

Dalam seminggu, siswa memiliki waktu pelajaran biologi sebanyak dua jam pelajaran. Dalam waktu pelajaran tersebut, selain diberikan pendidikan teoritis siswa juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan praktek. Hal ini mengingat biologi adalah sebuah mata pelajaran yang mempelajari tentang manusia dan lingkungan hidupnya.

Sebab, biologi berasal dari kata bios dan logos yang merupakan bahasa Yunani. Bios berarti hidup, dan logos adalah ilmu. Sehingga, jika kedua kata itu digabung menjadi biologi yang berarti sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Dan dalam kehidupan tersebut, dispesialisasikan pada makhluk hidup, yaitu manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Dalam biologi ini, manusia akan mengetahui sistem kehidupan yang ada di dunia ini. Baik itu tentang sistem reproduksi manusia, konsep rantai makanan atau juga mengenai pengenalan lingkungan hidup. Dari pelajaran inilah, manusia bisa mengenal mengetahui siklus kehidupan manusia dari sisi ilmiah, dan juga tentang apa saja yang terkait dengan makhluk hidup lainnya.


Manfaat Belajar Biologi

Sebagai cabang ilmu yang mempelajari tentang kehidupan, manusia akan mendapatkan penjelasan tentang masalah makhluk hidup. Hal ini khususnya dilakukan dengan cara ilmiah sehingga bisa didapatkan penjelasan untuk melengkapi penjelasan masalah kehidupan yang dijelaskan dalam kitab suci.

Di sisi lain, ada beberapa manfaat yang lebih detail tentang manfaat ilmu biologi yang bisa digunakan oleh siswa. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah :

  1. Siswa bisa mengetahui asal usul manusia secara ilmiah, disertai beberapa teori yang dikemukakan para ahli, seperti teori Evolusi Darwin. Dengan mempelajari biologi secara lengkap, siswa akan memahami bahwa manusia pasti berasal dari manusia dan bukan sekedar perubahan dari sosok makhluk lain.
  2. Siswa akan mengetahui konsep reproduksi dan seks secara sehat. Dengan demikian akan bisa menghindari terjadinya penyalahgunaan seks di kalangan remaja.
  3. Manusia bisa mengenal sistem kehidupan binatang dan tumbuh-tumbuhan, sehingga bisa digunakan untuk melakukan pelestarian lingkungan.

Pendidikan biologi akan mengenalkan siswa tentang konsep lingkungan hidup yang sehat. Sehingga siswa akan bisa menjaga perilaku mereka agar tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Seperti menjaga agar tidak membuang sampah sembarangan, karena sampah bisa menyebabkan munculnya beberapa bahaya lingkungan.

Tinggalkan komentar

Filed under Biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s