Manfaat Kimia bagi Kehidupan

Kimia Tahukah Anda Manfaat Kimia bagi Kehidupan? Ada banyak cara untuk dapat memanfaatkan ciptaan Allah yang telah tersedia di alam  ini. Salah satunya dengan mempelajari ilmu kimia. Mengapa? Karena dengan mempelajari ilmu kimia maka kita dapat mengetahui dan memahami manfaat kimia berdasarkan fenomena alam di sekitar kita.

Selain itu, kita bisa mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sebab pada prinsipnya bahwa semua materi yang ada di alam ini dapat berubah secara fisis atau kimia. Sedangkan materi memiliki pengertian “segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa.

Oleh sebab itu dengan belajar ilmu kimia, kita dapat merekayasa segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Dalam perkembangnnya, ilmu kimia telah merambah ke segala disiplin ilmu dan bidang kehidupan manusia, bahkan hampir semua bahan keperluan kita, sedikit banyak, baik langsung atau tidak langsung mengalami proses kimia. Inilah beberapa contohnya:

a. Proses fotosintesis tumbuhan

Tumbuhan menempati posisi dasar dalam piramida makanan karena ia merupakan penyedia makanan bagi konsumen. Makanan yang  berasal dari tumbuhan tersebut diperoleh melalui proses fotosintesis, yang merupakan suatu proses kimiawi.

b. Proses metabolisme tubuh

Zat-zat nutrisi yang dibutuhkan manusia seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan lain-lain diperoleh melalui proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh kita, seperti pencernaan makanan, pernafasan, peredaran darah, transportasi makanan, ekresi, sekresi dan lain lain. Peristiwa tersebut keseluruhannya adalah proses kimia yang menyebabkan manusia dapat terus hidup, tumbuh dan berkembang.

c. Pencemaran

Bumi manusia yang semakin tua ini disadari atau tidak sangat tergantung pada peristiwa kimia yang terjadi di dalamnya. Peristiwa pencemaran udara, air, tanah dan lingkungan merupakan proses kimia yang berimbas pada menurunnya kualitas lingkungan bumi kita. Oleh sebab itu dengan mengenali dan  mempelajari ilmu kimia maka proses pencemaran yang terjadi ini dapat dikendalikan.

d. Kimia Terapan

Hampir bisa dipastikan kehidupan sehari-hari kita tak lepas dari benda-benda yang dihasilkan daro penerapan ilmu kimia. Sabun, pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastik, obat-obatan, pupuk, pestisida, bahan bakar, cat, bumbu masak, alat-alat rumah tangga, bahkan berbagai jenis makanan olahan, yang semuanya merupakan hasil dari penerapan ilmu kimia.

Bahkan di bidang hukum pun ilmu kimia diterapkan dalam menentukan golongan darah, didik jari, DNA para korban atau tersangka. Berkembangnya  ilmu kimia terapan ini, di samping dapat mempermudah kehidupan manusia, namun juga dapat menimbulkan dampak negatif, seperti limbah yang mencemari lingkungan, antioksidan yang makin merajalela, dan terciptanya zat-zat yang bersifat racun bila tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Tinggalkan komentar

Filed under Kimia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s