Mengenal Makhluk Hidup

Kimia Tahukah Anda Makhluk Hidup? Makhluk hidup merupakan salah satu ciptaan dari Tuhan yang ada di muka bumi ini.  dinamakan sebagia makhluk hidup sebab jenis makhluk ini memiliki ciri khusus. Salah satunya adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan setiap waktunya.

Selain mengalami pertumbuhan dan perkembangan, makhluk hidup memiliki ciri lainnya. Diantaranya membutuhkan media untuk bisa bernafas serta membutuhkan makanan dan minuman sebagai alat penyambung kehidupan. Inilah yang membedakan makhluk hidup dengan makhluk mati.

Pada benda mati, tidak ditemukan pertumbuhan baik dari ukuran fisik maupun secara perilakunya. Selain itu, pada benda mati tidak memerlukan media apapun untuk bernafas. Baik itu udara atau zat makanan.

Makhluk hidup sendiri terbagi menjadi tiga golongan. Ketiga golongan tersebut adalah manusia, binatang dan tumbuhan. Jika dilihat dari sejarahnya, dari ketiga golongan makhluk hidup tersebut manusia merupakan makhluk hidup yang paling akhir muncul.

Dari beberapa penelitian menyebutkan, tanaman merupakan jenis makhluk hidup pertama yang ada di muka bumi. Selanjutnya, binatang merupakan makhluk kedua yang mengisi kehidupan di dunia ini. Barulah setelah kedua makhluk tersebut muncul, manusia baru diketahui keberadaannya di dunia ini.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Secara umum, makhluk hidup memiliki kesamaan ciri-ciri. Meski demikian, tidak semua makhluk hidup memiliki ciri yang sama secara mutlak. Namun jika ditarik kesimpulan secara garis besar, pada umumnya makhluk hidup memilki beberapa ciri khusus. Beberapa ciri khusus tersebut antara lain :

1.  Membutuhkan nutrisi

Nutrisini ini dibutuhkan makhluk hidup sebagai sumber energi atau bahan bakar bagi setiap aktivitas yang dilakukan makhluk hidup tersebut. Apabila makhluk hidup tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka akan kehilangan tenaga dan seluruh kemampuan yang dimilikinya yang merupakan ciri makhluk hidup.

2.   Memiliki kemampuan bernafas

Seluruh makhluk hidup membutuhkan nafas untuk mengatur detak jantung manusia. Apabila sumber pernafasan terhenti, maka denyut jantung manusia secara otomatis akan turut berhenti. Akibatnya aliran darah pun tidak lagi bisa mengalir sehingga akan mengakibatkan kematian makhluk hidup tersebut.

3.  Memiliki kemampuan gerak

Makhluk hidup akan selalu bergerak untuk mendapatkan sumber makanan. Apabila manusia dan binatang bisa bergerak dengan berpindah tempat, maka untuk tumbuhan pergerakan yang terjadi berlangsung di bagian akar. Dimana bagian ini akan selalu bertambah panjang untuk mencari sumber makanan di dalam tanah.

4.  Mengalami fase pertumbuhan

Pertumbuhan pada makhluk hidup akan terlihat dengan selalu berubahnya ukuran makhluk hidup tersebut. Hal ini akan terlihat dengan semakin besarnya ukuran suatu makhluk hidup seiring dengan semakin lama usia makhluk hidup tersebut.

5.  Mampu untuk berkembangbiak

Kemampuan reproduksi merupakan kemampuan kodrati dari makhluk hidup. Meski demikian, tidak semua makhluk hidup mampu untuk berkembang biak. Ada beberapa makhluk hidup yang tidak mampu berkembang biak karena mengalami masalah pada bagian reproduksi mereka yang disebut dengan reproduksi steril.

Namun seiring dengan perkembangan tekhnologi, makhluk hidup yang memiliki gangguan pada bagian reproduksi sehingga menjadi steril tersebut kini bisa melakukan proses reproduksi. Caranya dengan sistem yang disebut inseminasi buatan, dimana pada sistem ini proses pembuahan dilakukan di luar sel telur.

6.  Kemampuan untuk melakukan respon terhadap rangsangan

Kemampuan respon terhadap rangsang ini digunakan sebagai alat pertahanan diri oleh suatu makhluk hidup. Dengan demikian, makhluk hidup bisa mengambil keputusan atau reaksi apabila ada sesuatu yang terjadi pada diri mereka.

7.  Bisa beradaptasi terhadap lingkungannya.

Dengan cara ini, diharapkan makhluk hidup akan selalu mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya.

Makhluk Hidup Berusia Terpanjang

Setiap makhluk hidup tidak memiliki siklus usia yang sama. Ada makhluk hidup yang memiliki umur pendek, namun ada juga makhluk hidup yang mampu mencapai usia hingga ratusan tahun.

Jenis makhluk hidup yang memiliki umur pendek adalah binatang. Meski tidak semua binatang memiliki usia yang pendek, namun jika dibandingkan dengan manusia dan tumbuhan, ada banyak jenis binatang yang usianya sangat pendek.

Nyamuk misalnya. Jika dihitung sejak proses menjadi jentik, kemudian berkembang menjadi nyamuk dewasa hingga mati maka secara rata-rata usia seekor nyamuk hanya mencapai dua hingga tiga minggu saja.

Sementara untuk usia manusia pada saat ini rata rata berkisar 70 hingga 90 tahun. Meski terlihat panjang, namun berdasar penelitian para ahli, usia manusia yang hidup pada masa lalu dikatakan jauh lebih lama daripada manusia yang hidup sekarang ini. Manusia yang hidup di jaman pra sejarah dan awal sejarah, diceritakan mampu mencapai usia hingga ratusan tahun.

Sedangkan untuk makhluk hidup yang memiliki usia paling lama, hingga saat ini masih diduduki oleh jenis tanaman. Bahkan tercatat ada enam jenis tanaman yang dipercaya memiliki usia sangat panjang. Data ini didapat dari hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium oleh para ahli.

Bahkan, ada sebuah jenis tanaman yang mampu hidup hingga ratusan ribu tahun. Tanaman ini hingga kini diyakini sebagai jenis tanaman dengan usia hidup yang paling lama dan sudah ada sejak jaman pra sejarah dulu.

Berdasar klasifikasi yang dilakukan, ditemukan enam jenis tanaman yang memiliki usia paling lama hingga kini. Keenam jenis tanaman tersebut antara lain :

1.   Posidonia Oceanica

Jenis tanaman ini diperkirakan memiliki usia mencapai 200.000 tahun dan sudah ada sejak jaman purba. Tanaman ini merupakan salah satu jenis dari tumbuhan rumput laut raksasa yang terdapat di Laut Mediterania.

2.  Lomatia Tasmanica.

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Raja Lomatia. Berdasar penelitian yang dilakukan, para ahli meyakini bahwa tanaman ini sudah berumur 43.600 tahun. Selama beberapa waktu, tanaman ini juga dipercaya sebagai jenis tanaman yang memiliki usia paling lama, sebelum ditemukannya Posidonia Oceanica.

Ciri khas dari tanaman ini adalah bagian daunnya yang mengkilap dengan warna bunga merah jambu. Walaupun tanaman ini memiliki bunga, namun tanaman ini tidak bisa menciptakan buah dan biji. Hingga saat ini, baru diketemukan satu  koloni dari sepesies ini yang berada di alam bebas.

3.  Gaylussacia brachycera

Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan masih memiliki kaitan dengan Blueberry serta tanaman berjenis Huckleberry yang lain. Tanaman ini digolongkan ke dalam kelompok tanaman semak rendah. Diperkirakan usia tanaman yang juga dikenal dengan nama Box Huckleberry ini sudah mencapai 13.000 tahun.

4.  Larrea tridentata atau creosote bush

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman gurun. Banyak dijumpai di kawasan Amerika, khususnya di wilayah yang banyak terdapat gurun seperti di Mojave, Sonoran atau juga Chihuahuan. Tanaman ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan herbal. Menurut para ahli, jenis tanaman ini bisa mencapai usia hingga 11.000 tahun.

5.  Populus tremuloides atau quaking aspen

Tanaman ini banyak tumbuh di kawasan yang berudara dingin di kawasan Amerika Utara. Ketinggian pohon ini mampu mencapai 25 meter dengan usia bisa sampai 10.000 tahun.

6.  Picea mariana atau black spruce

Tanaman ini disebut masih memiliki hubungan dengan pohon cemara. Biasanya, tanaman ini tumbuh di bagian utara Amerika Utara. Diperkirakan, tanaman ini bisa mencapai usia 1.800 tahun.

Tinggalkan komentar

Filed under Biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s