Pembuatan Kliping Biologi

Biologi Tahukah Anda Pembuatan Kliping Biologi? Menggambarkan kehidupan makhluk hidup secara visual, tentu akan mempermudah setiap manusia untuk memiliki gambaran secara utuh tentang makhluk hidup tersebut. Itulah yang kita temukan dalam kliping biologi.

Sebuah metode penyampaian wawasan biologi dengan mengutip atau mengambil artikel dari media cetak maupun elektronik sehingga meluaskan wawasan kita tentang dunia biologi.

Untuk Apa Membuat Kliping?

Semua alat yang dibuat dan dipergunakan manusia memiliki satu tujuan, yaitu untuk mempermudah pekerjaan atau usaha manusia. Demikian pula dengan kliping biologi.

Tentunya, pembuatan kliping bertujuan untuk mempermudah pemahaman kita tentang biologi dalam hal tertentu, misalnya dunia serangga, tanaman hijau, ekosistem pantai, dan sebagainya.

Pembuatan Kliping Biologi

Proses pembuatan kliping biologi tidaklah rumit, Anda hanya membutuhkan media cetak berupa koran ataupun majalah yang kira-kira memuat tulisan tentang dunia biologi. Misalnya, tentang penghijauan kota atau pemanasan global.

Berikut ini merupakan cara membuat kliping biologi.

  • Potong bagian judul dan isi artikel tersebut dengan gunting bila artikel didapat dari media cetak.
  • Untuk tulisan yang Anda dapat dari media elektronik, bisa Anda susun dalam software pengolah kata di komputer, lalu diprint out.
  • Tempelkan tulisan tersebut di atas kertas yang berukuran lebih besar atau sesuai selera Anda.
  • Nah, kliping biologi Anda sudah selesai dibuat.

Kliping Biologi Eksklusif, Mengapa Tidak?

Membuat pustaka ilmiah tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kliping biologi yang Anda susun bisa menjadi sumber referensi yang mudah, murah, dan berkelas.

Salah satu cara untuk membuat kiping biologi Anda menjadi awet dan berkesan esklusif adalah dengan memasukkan kumpulan kliping Anda ke dalam album foto. Ya. Anda hanya perlu memiliki album foto yang bisa ditempeli dengan kumpulan kliping yang Anda punya. Caranya cukup mudah.

  • Siapkan album foto tempel.
  • Tentukan tema khusus di depan album foto Anda, misalnya tentang “Harimau Sumatera, Keindahan Diambang Kepunahan”.
  • Kumpulkan tulisan dari media massa atau media elektronik, dengan daftar isi yang mengalir, seperti halaman pertama tentang klasifikasi harimau sumatera, halaman kedua berisi keindahan harimau sumatera, halaman ketiga mengangkat sebab-sebab berkurangnya jumlah harima sumatera dan seterusnya.
  • Catat sumber setiap kliping yang Anda muat dan tanggal pemuatan artikel sehingga bisa menjadi referensi yang tepercaya.
  • Beri hiasan seperlunya sehingga kliping Anda terlihat lebih manis.
  • Kliping ilmiah Anda sudah selesai dan siap menghiasi perpustakaan di rumah.

Tinggalkan komentar

Filed under Biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s