Percobaan Kimia di Permukaan Kulit

Kimia Tahukah Anda Percobaan Kimia di Permukaan Kulit? Setelah bermain atau berolahraga, kita biasanya berkeringat. Setelah beberapa lama, keringat akan kering sehingga menyebabkan kulit terasa lengket dan kurang nyaman. Mandi adalah cara untuk menghilangkan rasa lengket. Apakah yang menyebabkan rasa lengket itu? Penyebabnya adalah minyak yang tercampur dalam keringat. Berikut ini adalah percobaan kimia untuk membuktikan keberadaan minyak tersebut.

Percobaan Kimia di Kulit

Hampir di seluruh permukaan kulit terdapat minyak dengan kadar yang berbeda-beda. Percobaan berikut ini akan membuktikan keberadaan minyak di telapak tangan kita. Ajaklah beberapa orang anak untuk melakukan percobaan kimia yang cukup aman dilakukan di rumah berikut ini.

Alat dan Bahan

  • Etanol untuk membersihkan luka.
  • Gelas kecil.
  • Kapas.
  • Sabun cair.
  • Air.
  • Pipet tetes.

Cara Kerja

  1. Isilah gelas kecil dengan air. Campurkan setetes sabun cair, lalu aduk sampai sabun cair tercampur merata.
  2. Mintalah teman, ayah, atau ibu, untuk membuka telapak tangannya.
  3. Basahi kapas dengan alkohol, lalu oleskan kapas basah tersebut ke telapak tangan kanan temanmu. Teteskan 3-5 tetes pada tempat yang berbeda.
  4. Teteskan cairan sabun ke telapak tangan kiri juga dengan jumlah yang sama.
  5. Perhatikan perbedaan bentuk tetesan pada telapak tangan yang tidak dan sudah diolesi alkohol.

Mengapa Bisa Berminyak

Di bawah permukaan kulit, terdapat kelenjar keringat yang mengeluarkan cairan garam serta kelenjar lemak atau minyak yang mengeluarkan sebum atau minyak. Keringat berfungsi untuk mendinginkan temperatur tubuh yang meningkat. Pengeluaran keringat adalah cara tubuh untuk menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit. Namun, tanpa campuran zat lain, keringat akan cepat menguap sehingga kulit akan menjadi kering.

Maka dari itu, keringat harus mengandung minyak agar kelembapan kulit terjaga. Kelenjar keringat dan kelenjar minyak juga bekerja sama untuk membuat kulit tetap halus dan elastis. Kegunaan lain dari kelenjar minyak adalah menghasilkan pelumas dan senyawa lemak lain yang penting untuk kesehatan kulit kita.

Etanol Sang Pembersih

Dalam percobaan tersebut, kita menggunakan etanol. Etanol adalah senyawa alkohol yang dapat mematikan kuman-kuman di permukaan kulit serta menghilangkan minyak. Permukaan kulit yang diolesi etanol akan bersih dari kuman dan minyak sehingga cairan sabun yang kamu teteskan akan menyebar. Dokter atau perawat biasanya mengoleskan alkohol sebelum menyuntik pasien.

Karena etanol termasuk salah satu bahan kimia, ada baiknya Anda dan anak-anak yang telah melakukan percobaan kimia tersebut membersihkan tangan dengan baik. Gunakan sabun kesehatan agar tangan benar-benar bersih sehingga aman dipakai untuk makan.

Tinggalkan komentar

Filed under Kimia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s