Tips Belajar Matematika SMP

Matematika Tahukah Anda Tips Belajar Matematika SMP? Pelajaran matematika SMP kerap menjadi salah satu faktor penghambat kelulusan siswa pada saat mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN). Bukan hanya itu, tidak sedikit siswa yang pada ujian kenaikan kelas tidak berhasil meraih nilai minimun untuk mata pelajaran tersebut.

Itulah sebabnya, tidak sedikit siswa yang menganggap pelajaran matematika SMP sebagai sebuah momok yang menakutkan. Stigma bahwa pelajaran ini adalah pelajaran yang sulit serta menakutkan demikian kuat melekat di benak siswa. Hal ini berdampak pada tingkat motivasi seorang siswa dalam mengikuti pelajaran Matematika SMP.

Padahal motivasi merupakan hal dasar bagi seorang siswa agar bisa belajar dan menguasai pelajaran matematika SMP. Dengan adanya motivasi, maka akan menimbulkan semangat yang kuat untuk bisa menguasai materi pelajaran tersebut.

Peran seorang guru matematika SMP sangat besar dalam menumbuhkan motivasi pada siswa. Guru yang baik, bukan hanya sekedar bisa menyampaikan materi ajar saja pada siswa di dalam kelas. Namun lebih jauh, mampu menumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat pada siswa untuk belajar. Dengan demikian, stigma bahwa matematika adalah pelajaran yang menakutkan bisa dihapuskan.


Kiat Belajar Matematika SMP

Selain masalah motivasi, dalam belajar matematika SMP membutuhkan beberapa kiat agar proses belajar bisa berhasil dengan baik. Karena pada dasarnya, kunci keberhasilan belajar bukanlah berada di tangan seorang guru. Siswa yang belajar matematika itulah yang menjadi penentu kesuksesan dalam mempelajari matematika SMP.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seorang siswa agar bisa menguasai materi pelajaran matematika SMP dengan baik. Beberapa kiat tersebut di antaranya adalah :

  1. Memperbanyak belajar melalui media pelatihan soal. Hal ini merupakan kunci utama keberhasilan belajar matematika. Sebab, pada dasarnya matematika adalah pelajaran yang membutuhkan ketrampilan dalam pemecahan masalah. Sehingga semakin sering berlatih soal, maka siswa akan makin memahami sebuah materi.
  2. Tumbuhkan rasa suka pada pelajaran Matematika. Dengan adanya rasa suka, maka akan mendorong semangat dan minat siswa untuk belajar. Sebaliknya jika sudah muncul rasa benci, maka tidak akan ada motivasi dan semangat dalam belajar matematika SMP.
  3. Perbanyak belajar kelompok. Dengan cara belajar kelompok, maka seorang siswa akan bisa berdiskusi untuk memecahkan sebuah soal pelajaran. Selain itu dengan belajar kelompok akan membantu kita untuk menguasai sebuah materi yang kita belum paham.
  4. Tumbuhkan keyakinan bahwa sesulit apapun soal matematika yang kita hadapi, pasti ada jawabannya. Dan tanamkan keyakinan, bahwa menemukan kunci jawaban adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan.

Tinggalkan komentar

Filed under Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s