Arti Geografi

Geografi Tahukah Anda Arti Geografi? Geografi adalah studi tentang bentang lahan bumi, manusia, tempat, dan lingkungan. Cukup sederhana, bahasannya mengenai dunia tempat kita hidup. Keunikan dari geografi adalah sebagai jembatan bagi ilmu-ilmu sosial (geografi manusia) dengan ilmu-ilmu alam (geografi fisik).

Geografi menempatkan pemahaman mengenai proses sosial dan fisik ini dalam konteks tempat dan daerah (mengenali perbedaan besar dalam budaya, sistem politik, ekonomi, bentang lahan, dan lingkungan di seluruh dunia) dan keterhubungan di antara unsur-unsur tersebut.

Memahami penyebab berbagai perbedaan dan ketidaksetaraan di antara berbagai tempat dan kelompok sosial yang mendasari banyak perkembangan baru dalam geografi manusia.

Geografi memberikan kerangka ideal untuk berhubungan dengan bidang ilmu pengetahuan yang lain. Tidaklah terlalu mengejutkan bahwa mereka yang dididik menjadi seorang geograf sering berperan banyak dalam penerapan manajemen sumber daya dan lingkungan.

Mengapa Geografi penting?

Memiliki kemampuan untuk melihat dunia secara geografis merupakan kemampuan dasar setiap orang. Dalam memahami hubungan antara manusia dan lingkungan, geografi mengkajinya bersama dengan ilmu-ilmu lainnya, seperti geologi, biologi, klimatologi dengan ekonomi, sejarah, dan politik berdasarkan lokas. Seorang ahli geografi memahami konflik di seluruh dunia karena begitu banyak faktor yang terlibat di dalamnya.

Siapakah “Bapak” Geografi?

Sarjana Yunani, Eratosthenes yang mengukur keliling bumi menggunakan kata”geografi” kali pertamanya. Eratosthenes umumnya disebut dengan bapak geografi. Alexander von Humboldt terkenal sebagai “bapak geografi modern.”

Bagaimana Perbedaan Geografi dan Geologi?

Banyak orang yang memiliki gagasan mengenai apa itu geologi tetapi tidak memiliki gagasan mengenai apa itu geografi. Geografi pada umumnya terbagi ke dalam geografi manusia dan geografi fisik.

Perbedaan antara geografi fisik dan geologi ini sering membingungkan. Seorang geograf cenderung mempelajari permukaan buminya, bentang lahannya, bentukan-bentukannya, dan alasan keberadaannya di suatu tempat.

Seorang geolog melihat lebih jauh ke dalam bumi dibandingkan seorang geograf dan bidang studinya adalah batian, berbagai proses di dalam bumi (seperti lempeng tektonik dan gunung berapi), dan mempelajari periode sejarah bumi jutaan tahun lalu bahkan milyaran tahun lalu.

Bagaimana Saya Bisa Mempelajari Lebih Banyak Tentang Geografi?

Mengambil kursus geografi, membaca buku-buku geografi, dan tentu saja menjelajahi situs geografi adalah cara yang bagus untuk belajar lebih banyak mengenai geogarafi.

Anda dapat menambah pemahaman tempat geografi Anda di seluruh dunia dengan menggunakan atlas yang bagus dan menggunakannya untuk mencari berbagai tempat yang tidak diketahui setiap kali Anda bertemu dengan mereka sambil membaca atau menonton televisi.

Tak lama kemudian, Anda akan memiliki pengetahuan besar mengenai letak sebuah tempat. Membaca buku-buku perjalanan dan sejarah juga dapat membantu meningkatkan kemampuan geografik Anda dan pemahaman tentang dunia.

Tinggalkan komentar

Filed under Geografi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s