Aspek Geografi dalam Masyarakat

Geografi Tahukah Anda Aspek Geografi dalam Masyarakat? Herodotus, Eratosthenes, Thales, Strabo, Ptolemy, dan Aristotle. Nama-nama tersebut mungkin tidak asing lagi bagi Anda. Para filsuf dari Yunani inilah yang pertama kali secara aktif menggali geografi sebagai bagian dari ilmu dan filosofi. Setelah itu, Bangsa Romawi menyumbangkan ilmu pemetaan dengan teknik baru karena terlampau seringnya mereka menjelajahi negeri.

Geografi terus mengalami perkembangan, hingga zaman pertengahan Ibnu Battuta, Ibnu Khaldun, dan Al Idrisi memelihara terus warisan Bangsa Yunani dan Romawi ini. Geografi mulai menyebar ke Eropa melalui perjalanan yang dilakukan Marco Polo.

Pada zaman Renaissance, Bernhardus Varenius, seorang ahli geografi Jerman, memunculkan suatu landasan pemikiran yang diberi nama Geographia generalis, di mana terdapat prinsip-prinsip umum subjek geografi yang sesuai dengan zamannya.

Landasan pemikiran yang muncul pada 1650 ini membagi geografi menjadi tiga bagian, yaitu geografi mutlak, geografi relatif, dan geografi komparatif.

Disiplin ilmu geografi selama abad 20 di dunia barat mengalami 4 fase utama, yaitu determinisme lingkungan, geografi regional, revolusi kuantitatif, dan geografi kritis.

Aspek Geografi

Secara garis besar, geografi terbagi atas dua aspek utama, yaitu:

1.    Aspek Fisik

Aspek fisik geografi meliputi:

  1. Aspek Topologi, membahas segala sesuatu tentang letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka bumi atau relief, luas area, dan batas-batas wilayah dengan ciri-ciri tertentu.
  2. Aspek Biotik, membahas tentang karakter fisik makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.
  3. Aspek Abiotik, membahas tentang atmosfer, tanah, air, iklim, dan cuaca suatu wilayah tertentu hingga bencana alam yang terjadi seperti gempa bumi.

2.    Aspek Non Fisik

Aspek ini memfokuskan pada kajian manusia dari segi karakteristik sosial dan perilaku manusia dalam masyarakat. Pola penyebaran penduduk dan kaitan manusia dengan lingkungannya juga menjadi hal yang difokuskan dalam aspek ini. Bentuk-bentuk kajian tersebut di antaranya:

  1. Aspek Sosial, membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kelompok masyarakat, lembaga sosial, adat, dan tradisi yang berlaku.
  2. Aspek Budaya, membahas tentang kesenian, pendidikan, bahasa, dan agama yang ada dalam suatu wilayah.
  3. Aspek Politik, membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan hal pemerintahan dan pengaturan negara.
  4. Aspek Ekonomi, membahas tentang pasar, perdagangan, pertanian, industry, transportasi yang mendukung ekonomi masyarakat.
  5. Aspek Penyebaran Penduduk, membahas tentang pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia serta mobilitas penduduk di suatu wilayah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai aspek geografi dalam masyarakat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Filed under Geografi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s