Definisi Geografi

Geografi Tahukah Anda Definisi Geografi? Sebagai anak Indonesia, rasanya tidak ada yang tidak mengenal istilah geografi. Biasanya, jika sudah menginjak bangku Sekolah Mengengah Pertama (SMP), kita akan mendapatkan pelajaran bernama Geografi ini.

Karena memang sudah lampau dan tidak menggelutinya, kita lupa akan hal yang berkaitan dengan Gerografi, asal kata, definisi, dan aspek-aspek pokok dalam ilmu Geografi.

Definisi Geografi

Manusia sebagai mahluk hidup tidak akan bisa lepas dari alam. Alam adalah semacam rumah yang berguna tidak hanya untuk berteduh saja, tetapi rumah yang di dalamnya memuat segala kebutuhan penghuninya.

Karena manusia sadar akan pentingnya alam, dimulailah kegiatan-kegiatan memanfaatkan isi alam. Dari sinilah, sebuah studi keilmuan yang berorientasi pada alam, yakni ilmu Geografi, berawal.

Asal Kata

Tidak jelas siapa yang mematenkan istilah ilmu geografi ini. Namun, sejarah mencatat Eratothenes (176-194 SM) yang kemudian disebut-sebut sebagai orang pertama yang menemukan istilah geografi.

Kata geografi diambil dari Yunani. Asal katanya adalah geo (bumi) dan graphien (sesuatu yang ditulis atau dijelaskan). Jadi, geografi adalah ilmu yang menganalisis dan menjelaskan seputar masalah bumi.

Makna Luas

Pada akhirnya, geografi membahas segala sisi yang ada pada bumi, mulai permukaan bumi dalam bentuk segala aktivitas kehidupannya. Geografi juga membahas benda-benda angkasa luar yang tidak bisa lepas dari alam semesta.

Jika didefinisikan secara luas, geografi adalah ilmu yang mempelajari bagian dalam, permukaan, dan atas bumi. Karena luasnya garapan ilmu geografi, kemudian banyak definisi tentang ilmu geografi.

Ragam Definisi

Sebagai perbandingan saja, berikut ini adalah beberapa definisi yang dikemukan para ilmuwan.

  1. Ilmu yang menceritakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak khas kehidupan dan mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu (Drs. Bintarto).
  2. Ilmu yang berusaha menceritakankan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi (Dr. I Made Sandy).
  3. Mengkaji struktur dan proses fenomena serta permasalahan dalam ruang. Berkaitan dengan itu geografi selalu berbicara dengan peta untuk mengkaji struktur keruangan suatu permasalahan (Abler).

Dua Aspek Pokok

Terlepas dari banyaknya definisi, bisa ditarik simpulan bahwa ada dua aspek pokok dalam tatanan ilmu geografi.

1. Aspek Fisik

Aspek ini berhubungan erat dengan masalah-masalah bumi, seperti geosfer, atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer.

2. Aspek Sosial

Aspek sosial ini berkaitannya dengan problematika manusia sebagai penghuni bumi dalam masalah sosial, politik, ekonomi, dan juga kebudayaan.

Tinggalkan komentar

Filed under Geografi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s