Kamus Geografi

Geografi Tahukah Anda Kamus Geografi? Bila kita ingin mendapatkan beberapa pengetahuan tanpa harus membeli banyak buku, bisa kita lakukan dengan memiliki kamus. Mengapa kamus? Karena kamus merupakan sekumpulan istilah kata yang diberi makna dan arti berupa penjelasan dan uraian.

Kamus bentuknya seperti buku, hanya lebih tebal dan terdiri dari beratus-ratus halaman. Setiap bidang ilmu memiliki kamus tersendiri. Tak terkecuali dengan bidang ilmu bumi, yang lebih sering populer dengan ilmu geografi. Kamus geografi berisi sekumpulan istilah kata yang berkaitan dengan ilmu geografi. Dengan kata lain, memuat segala sesuatu yang berhubungan dengan geografi.

Seperti kamus lainnya, kamus geografi dibuat berdasarkan susunan abjad dari A sampai Z. Hanya saja ada yang membedakan dengan kamus lainnya. Karena kamus ini berisi segala hal yang berhubungan dengan ilmu bumi, maka di dalam kamus geografi dilengkapi dengan peta atau atlas dunia, serta gambar-gambar yang berkaitan dengan bumi seperti gambar lautan, daratan, pegunungan, perkotaan, bangunan dan sebagainya.

Manfaat Kamus Geografi

Pentingnya kamus geografi, membuat para ilmuwan yang berkecimpung di bidang ilmu bumi ini untuk membuat sekumpulan pengetahuan yang terkait dengan ilmu bumi untuk orang awam ke dalam bentuk kamus. Kamus geografi juga diperlukan bagi mahasiswa yang memilih bidang studi ilmu bumi atau geografi, seperti ilmu pertanahan, ilmu perencanaan tata bangunan. Badan meteorologi dan geofisika juga merasakan pentingnya kamus geografi.

Bagi orang awam, tidak salahnya untuk memiliki kamus geografi juga di rumah. Terutama bagi mereka yang sangat menyukai berbagai hal yang berhubungan dengan bumi, seperti dunia laut, daratan, flora dan fauna yang tersebar di hutan-hutan di seluruh dunia.

Bagi para petualang sejati yang hobi mengunjungi tempat-tempat bersejarah bisa memanfaatkan kamus geografi untuk mengetahui istilah bangunan, lokasi, struktur tanah dan bentukan palung laut, delta di sungai dan sebagainya.

Kamus geografi bisa Anda dapatkan di toko-toko buku terdekat. Bisa juga Anda melihatnya di perpustakaan-perpustakaan baik di sekolah, perguruan tinggi, maupun perpustakaan pusat. Perpustakaan biasanya memiliki koleksi kamus geografi yang lebih lengkap berdasarkan klasifikasi bidang ilmunya. Hal ini karena cakupan bidang ilmu geografi yang cukup luas, tidak hanya seputar peta dan keadaan tanah bumi saja.

Bagi Anda yang semula tidak atau kurang menyenangi bidang ilmu bumi dikarenakan banyaknya hal yang harus Anda kuasai, kehadiran kamus geografi dapat menjadi alternatif pilihan Anda untuk mengetahui seluk beluk ilmu bumi ini. Kamus geografi pun bisa mengubah minat Anda. Pada akhirnya, Anda pun menambahkannya dalam daftar kamus yang penting Anda miliki.

Tinggalkan komentar

Filed under Geografi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s