Artikel Ekonomi Syariah

Ekonomi Tahukah Anda Ekonomi Syariah? Saat ini sangat mudah untuk menemukan artikel ekonomi syariah. Kita bisa menemukan artikel ekonomi syariah ini di banyak media, mulai dari browsing di internet, media cetak seperti majalah, surat kabar, buletin, maupun dengan mengikuti pelatihan-pelatihan mengenai ekonomi syariah.

Keunggulan Artikel Ekonomi Syariah

Artikel ekonomi syariah seringkali memuat keunggulan-keunggulan tentang ekonomi syariah yang dibandingkan dengan model ekonomi lain, seperti kapitalis dan sosialis. Pada artikel tersebut biasanya dijelaskan sejarah ekonomi syariah, tokoh-tokoh ekonomi syariah, serta akad-akad yang terdapat pada ekonomi syariah.

Pada bagian akad-akad ekonomi syariah, secara garis besar dibagi dalam beberapa akad, yaitu:

  1. Akad jual beli (bay’). Akad ini terdiri dari empat macam, antara lain akad murabahah, salam, Istishna dan Ijarah. Empat akad inilah yang seringkali dipakai pada perbankan syariah di Indonesia.
  2. Bagi hasil (syirkah), dibagi menjadi dua akad yaitu mudharabah dan musyarakah
  3. Jasa-jasa keuangan syariah, terbagi menjadi akad wakalah, hiwalah, kafalah, rahn, qord, sharf dll.

Salah satu akad yang seringkali dibahas dalam artikel ekonomi syariah adalah akad murabahah. Akad murabahah  merupakan akad jual beli dengan konsep bank syariah membelikan suatu produk/barang bagi nasabah untuk kemudian dijual kepada nasabah dengan tambahan margin yang kemudian nasabah akan mengangsur pokok dan margin tersebut dengan periode tertentu.

Keunggulan lainnya yang terdapat dalam artikel ekonomi syariah juga mencakup pembahasan mengenai larangan penggunaan riba, maisyir, dan gharar. Riba adalah suatu tambahan yang diminta untuk suatu pinjaman, sedangkan maisyir merupakan perjudian, dan gharar merupakan ketidakjelasan dalam akad.

Artikel ekonomi syariah juga meliputi hal-hal apa saja yang dilarang untuk dibiayai oleh perbankan syariah, seperti sektor-sektor yang sudah jelas-jelas haram: minuman keras, makanan haram, sampai dengan dilarangnya pembiayaan modal usaha pada perusahaan rokok maupun usaha-usaha yang membawa banyak keburukan dari kebaikannya.

Di dalam artikel ekonomi syariah biasanya juga dijelaskan sumber hukum dari ekonomi syariah yaitu qur’an dan hadist, ushul fiqih, dan fiqih serta ijtihad para ulama sehingga pembaca artikel ekonomi syariah tahu dasar dan juga filosofi dari ekonomi syariah.

Artikel ekonomi syariah tidak hanya bisa kita dapatkan di negara-negara muslim saja, tapi juga dapat dengan mudah kita temukan di negara-negara non muslim seperti di Amerika, Eropa, maupun di negara-negara Asia yang mayoritas penduduknya non muslim.

Hal ini dikarenakan seluruh dunia telah sadar bahwa ekonomi yang kita gunakan saat ini masih belum mampu untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ekonomi malahan memperburuknya dengan seringnya krisis ekonomi yang melanda di semua negara tidak hanya negara-negara miskin saja, sehingga diperlukan ekonomi alternatif yang kedepannya diharapkan menjadi solusi dan ekonomi utama yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s