Artikel Geografi

Geografi Tahukah Anda Geografi? Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan segala isinya; tentang menentukan letak suatu lautan, negeri, atau batas-batas wilayah suatu negara. Hal ini mencakup semua pengaruhnya dari segi fisik, ekonomi, politik, budaya dan lingkungan sekitarnya.

Pertama kemunculannya, Bangsa Yunani adalah bangsa pertama yang mempelajari Geografi secara aktif. Para pemikir utama yang berasal dari Yunani di antaranya Aristotle, Herodotus dan Thales. Herodotus dijuluki Bapak Geografi, karena ia telah mengungkap seluk beluk keadaan suatu tempat dan menerangkan awal mula serta sebab terjadinya.

Geografi kemudian menyebar ke daratan Eropa sejak perjalanan Marco Polo, juga dikenal sebagai kurikulum yang wajib diajarkan di universitas-universitas di Berlin dan Jerman pada abad 18. Geografi juga merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan di Indonesia. Artikel geografi pun sekarang sangat mudah ditemui.

Berbagai Cabang Disiplin Ilmu Geografi

1. Geografi Fisik

Cabang ini memiliki ruang lingkup sebatas bumi, berupa pengumpulan informasi tentang suatu tempat. Namun, berhubungan dengan ilmu lainnya, seperti biologi untuk memahami pola flora dan fauna secara global, gurun, dan ekologi suatu lingkungan. Berhubungan juga dengan ilmu fisika dan matematika yang berguna untuk mempelajari bentuk muka bumi, kepulauan, jenis iklim, menentukan garis lintang atau bujur suatu negeri serta pergerakan bumi dan hubungannya dengan tata surya di luar angkasa.

2. Geografi Manusia

Cabang ini memusatkan geografi sebagai ilmu sosial. Bagaimana manusia memperlakukan alam dan beradaptasi dengan alamnya, mempelajari asal mula bangsa di suatu negara, baik itu negara bagian, kabupaten, kota atau kecamatan.

3. Geografi Manusia-Lingkungan

Cabang ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi manusia dan lingkungan, bagaimana cara manusia melestarikan lingkunganya. Cabang ini terbagi menjadi 2 bidang ilmu, yaitu Ekologi Budaya dan Politik, serta Penelitian Risiko Bencana.

4. Geografi Perencanaan dan Pengembangan Wilayah

Ini merupakan cabang Geografi yang terbilang masih baru. Dikembangkan sekitar tahun 1980 oleh para ahli Geografi Eropa. Cabang ini adalah perpaduan antara ilmu Geografi dengan ilmu Perencanaan Wilayah serta berkaitan dengan ilmu sosial terutama membahas teori sosial dan fenomena yang terjadi di masyarakat.

5. Geografi Sejarah

Cabang ini mempelajari tentang asal mula munculnya kebudayaan di suatu tempat atau pengaruh manusia jaman dahulu terhadap lingkungan sekitarnya.

Perkembangan Geografi

Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, ilmu geografi telah diadaptasi menjadi suatu sistem informasi berbasis komputer yang sangat bermanfaat bagi segala aspek kehidupan. Sistem berbasis komputer itu dinamakan Sistem Informasi Geografi (SIG). SIG dapat menyajikan berbagai keperluan yang berhubungan dengan tanah atau pemetaan suatu wilayah.

Tentunya, kita harus mendapatkan data yang akurat, kemudian SIG berperan untuk mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa, dan menampilkan informasi atau gambaran nyata suatu wilayah di permukaan bumi.

Banyak manfaat yang dihasilkan melalui penggunaan SIG ini, di antaranya sebagai penyimpanan data gempa, inventarisasi tanah suatu wilayah, pengelolaan sumber daya alam, perencanaan pembangunan hingga menghitung waktu tanggap saat terjadi bencana alam.

Tinggalkan komentar

Filed under Geografi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s