Belajar Matematika Dasar Sangat Menyenangkan

Matematika Tahukah Anda Belajar Matematika Dasar itu Sangat Menyenangkan? Matematika, termasuk di dalamnya Matematika Dasar dikenal juga dengan istilah “Ilmu Pasti”, dengan demikian banyak anggapan yang menyebutkan bahwa mengerjakan Matematika Dasar harus 100 persen benar tidak boleh salah sedikit pun sehingga mempelajari Matematika Dasar sudah dianggap sebagai beban yang berat.

Ya, anggapan bahwa Matematika Dasar memiliki jawaban yang benar-benar mutlak dan tidak memiliki jawaban alternatif seperti halnya Bahasa Indonesia dan pelajaran lainnya memang benar. Namun tidak selamanya Matematika Dasar itu selalu mutlak. Jawaban yang benar atas sebuah pertanyaan Matematika Dasar memang hanya satu, tetapi untuk menjawab pertanyaan tersebut tersedia banyak cara atau langkah alternatif yang bisa kalian gunakan.

Matematika Dasar dan Mitosnya

Mendengar istilah “Matematika Dasar”, sebagian besar dari kalian pasti akan langsung berpikir tentang angka dan rumus. Kalian akan menganggap bahwa Matematika Dasar adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Wajar saja jika kalian berpikiran demikian. Mengapa wajar? Karena selama ini kebanyakan orang sudah terpengaruh oleh mitos-mitos salah tentang Matematika Dasar?

Banyak sekali mitos menyesatkan seputar Matematika Dasar. Celakanya, mitos-mitos ini telah berhasil “mencuci otak” sebagian besar masyarakat kita sehingga mereka menjadi benci dan alergi terhadap Matematika Dasar. Apa saja mitos-mitos yang telah menanamkan persepsi negatif terhadap Matematika Dasar? Berikut adalah penjelasannya.

1. Matematika Dasar adalah Ilmu yang Sangat Sulit

Mitos yang pertama ini berhasil menanamkan pemahaman negatif kepada masyaraakat bahwa saking sulitnya, Matematika Dasar hanya cocok dipelajari oleh mereka-mereka yang memiliki IQ tinggi. Mitos ini jelas sangat menyesatkan.

Matematika Dasar memang sulit, namun bukan berarti tidak bisa dipahami. Selama ini, sebagian besar masyarakat hanya tahu mengenal Matematika Dasar tanpa mengetahui konsep dasarnya. Jika saja konsep dasar Matematika Dasar telah dipahami masyarakat sejak awal, tentunya mitos Matematika Dasar sebagai ilmu yang sangat sulit tidak akan berkembang. Yang ada justru Matematika Dasar akan menjadi hal yang menyenangkan.

2. Matematika Dasar adalah Ilmu Hafalan Rumus

Sebagaian besar masyarakat, termasuk siswa sekolah menganggap bahwa Matematika Dasar merupakan ilmu hafalan rumus-rumus. Anggapan tersebut menjadikan masyarakat dan siswa menjadi malas untuk mempelajarinya. Alhasil, mereka tidak mengerti apa-apa tentang Matematika Dasar.

Mitos yang selama ini berkembang jelas salah, karena Matematika Dasar bukanlah hal yang mewajibkan seseorang yang mempelajarinya untuk menghafal banyak rumus. Matematika Dasar hanya perlu dimengerti dari sisi konsepnya saja. Percuma saja seseorang menghafal rumus Matematika Dasar jika konsep Matematika Dasarnya tidak dipahami.

3. Matematika Dasar adalah Iilmu yang Berhubungan dengan Kecepatan Menghitung

Matematika Dasar memang tidak mungkin dipisahkan dengan yang namanya operasi hitung. Namun, kemampuan menghitung cepat bukanlah hal yang wajib dalam Matematika Dasar. Hal wajib dari Matematika Dasar justru pemahaman konsep. Jika konsep tentang suatu permasalahan Matematika Dasar sudah dipahami dengan baik, kamu akan melakukan analisis permasalahan Matematika Dasar dengan mudah.

Dengan demikian, kamu tinggal mentransformasikan konsep tadi ke dalam model dan bentuk persamaan Matematika Dasar. Jika permasalahan tadi sudah tersaji dalam bentuk persamaan Matematika Dasar, barulah kemampuan menghitung dibutuhkan.

4. Matematika Dasar adalah Ilmu yang Tidak Berhubungan dengan Realita atau Imu Abstrak

Siapa bilang Matematika Dasar tidak realistis? Justru Matematika Dasar itu merupakan penggambaran dari realita sehari-hari. Semua sektor kehidupan, seperti ekonomi, teknologi, hingga sektor sosial tidak pernah terlepas dari yang namanya Matematika Dasar. Misal, saat berbelanja, kamu akan kesulitan jika sebelumnya tidak atau belum mengenal Matematika Dasar.

5. Matematika Dasar adalah Ilmu yang Membosankan, Tidak Menghibur, dan Kaku

Mitos yang benar-benar keliru. Justru Matematika Dasar adalah ilmu yang menyenangkan. Jawaban boleh saja hanya satu, namun metode atau yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan Matematika Dasar itu sangat beragam.

Nah, untuk merobohkan mitos-mitos yang salah kaprah tersebut, melalui artikel ini penulis akan mengajak kalian untuk menikmati belajar Matematika Dasar secara menyenangkan. Artikel ini akan menyajikan beberapa hal berkaitan dengan Matematika Dasar.

Belajar Matematika Dasar

1. Matematika Dasar – Belajar Operasi Hitung Bilangan

Operasi hitung bilangan terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dalam pembahasan ini, penulis akan menguraikan masing-masing pengertian dari keempat jenis operasi hitung tersebut, lengkap dengan beberapa cara penghitungannya.

  • Penjumlahan: menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penjumlahan adalah proses, cara, perbuatan menjumlahkan.
  • Pengurangan: menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengurangan adalah proses, cara, perbuatan mengurangi atau mengurangkan.
  • Perkalian: menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perkalian adalah proses, cara, perbuatan mengalikan.
  • Pembagian: menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pembagian adalah proses, cara, perbuatan membagikan.

2. Matematika Dasar – Belajar Operasi Bilangan Bulat

Bilangan bulat merupakan bilangan bukan pecahan yang terdiri atas bilangan negatif, bilangan nol, dan bilangan positif. Dalam maematika, kita bisa menggambarkan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan. Bilangan bulat ini biasa digunakan dalam berbagai operasi hitung, seperti pengurangan, penjumlahan, perkalian, dan pembagian. Dalam masing-masing operasi hitung, bilangan bulat memiliki rumus khusus yang berbeda.

3. Matematika Dasar – Belajar Luas dan Keliling Bangun Datar

Keberadaan luas dan keliling bangun datar sangatlah dekat dengan keseharian kita. Pada dasarnya, setiap benda yang ada di sekitar kita pasti memiliki ukuran, baik benda dengan bentuk dasar bangun datar maupun bangun ruang. Untuk itu, perlulah kiranya kita mengetahui pengertian luas dan keliling bangun datar tersebut supaya mudah untuk mempelajarinya.

  • Pengertian Luas Bangun Datar: Luas suatu bangun datar adalah banyaknya persegi dengan sisi 1 satuan panjang yang menutupi seluruh bangun datar tersebut.
  • Pengertian Keliling Bangun Datar: Keliling suatu bangun datar adalah jumlah total dari semua sisi yang dimiliki bangun datar tersebut.

4. Matematika Dasar – Belajar Luas Permaukaan dan Volume Bangun Ruang

Memahami bangun ruang boleh jadi cukup menyulitkan bagi sebagian besar anak yang tengah mempelajari matematika. Untuk itu, penulis akan menghadirkan ide brilian supaya pemahaman mengenai bangun ruang ini menjadi mudah.

Pertama-tama, penulis akan memperkenalkan terlebih dahulu apa saja yang termasuk bangun ruang dan bagaimana cara menghitung volume serta luas permukaannya. Berikut adalah penjelasannya.

a. Matematika Dasar – Pengertian dan Ciri Bangun Ruang

Bangun ruang adalah sebuah bangun dalam matematika yang mempunyai isi atau volume. Bangun ruang memiliki ciri utama, yakni memiliki bagian-bagian bangun, yang meliputi hal-hal berikut.

  • Sisi, yaitu bidang pada bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan di sekitarnya.
  • Rusuk, yaitu  pertemuan dua sisi yang berupa ruas garis pada bangun ruang.
  • Titik sudut, yaitu titik hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.

b. Matematika Dasar – Jenis Bangun Ruang

Bangun ruangmemiliki jenis-jenis bangun yang berbeda. Adapun bangun matematika yang termasuk ke dalam bangun ruang adalah sebagai berikut.

  • Balok
  • Kubus
  • Prisma
  • Limas
  • Kerucut
  • Tabung
  • Bola

Masing-masing bangun ruang tersebut memiliki cara penghitungan luas permukaan dan volume yang berbeda.

5. Matematika Dasar – Belajar Memecahkan Masalah dalam Matematika Dasar

Ketika mempelajari Matematika Dasar, kamu tentu kerap dipertemukan dengan beragam masalah. Masalah-masalah yang dihadapi tersebut tentu membutuhkan pemecahan, bukan? Nah, cara memecahkan permasalahan dalam matematika itu sebenarnya bisa dilatih. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan menemukan masalah baru dalam Matematika Dasar dan berusahalah untuk memecahkan masalah tersebut.

Tinggalkan komentar

Filed under Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s