Berbagai Pengertian Hukum

hukum

 Tahukah Anda Pengertian Hukum? Sebagai salah satu bagian dari ilmu sosial, pengertian hukum memiliki banyak definisi. Hal ini dikemukakan oleh berbagai macam pakar, baik mereka yang berlatar belakang dari ilmu hukum sendiri, ilmu filsafat maupun dari pakar bahasa. Semua orang memiliki definisi yang beragam mengenai pengertian hukum.

Ditilik dari asal usul kata atau morfologinya, kata hukum berawal dari bahasa Arab, yaitu Huk’mun yang berarti menetapkan. Definisi hukum dalam bahasa Arab ini menyerupai pengertian hukum yang dijabarkan dalam berbagai kajian teori hukum, ilmu hukum serta pada berbagai kajian studi sosial yang berhubungan dengan hukum.

Arti ini sesuai dengan peran hukum dalam kehidupan masyarakat. Hukum memiliki peran untuk menetapkan atau menentukan berbagai macam aktivitas di tengah masyarakat. Sehingga masyarakat akan mengetahui, mana hal yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan terkait dengan hubungan mereka sebagai makhluk sosial. Hukum juga memberikan penjelasan mengenai sanksi yang akan diterima oleh seseorang yang melanggar ketetapan yang telah ditetapkan.

Hukum itu sendiri dibuat dan ditetapkan oleh pihak yang memiliki kekuasaan atas sebuah wilayah. Pada suatu negara, hukum dibuat oleh pemerintah yang sekaligus berperan sebagai pengawas ketika hukum dilanggar. Semua orang yang berada dalam kedaulatan negara tersebut, memiliki kewajiban untuk mematuhi peraturan yang sudah dituangkan menjadi aturan atau hukum tersebut.

Definisi Hukum Para Ahli

Para pakar memiliki tafsir yang berbeda dalam memberikan pengertian hukum. Masing-masing pihak memberikan pendapat berdasar latar belakang mereka yang disesuaikan dengan arti hukum dalam artian luas.

Beberapa pendapat ahli mengenai pengertian hukum diantaranya adalah :

  1. Van Kan

Menurut Van Kan, hukum didefinisikan sebagai sebuah keseluruhan peraturan hidup. Dimana peraturan tersebut memiliki sifat memaksa yang bertujuan melindungi kepentingan manusia yang ada dalam sebuah masyarakat. Peraturan  yang dibuat tersebut memiliki nilai penting sebagai alat untuk melindungi kepentingan masyarakat dengan tertib.

  1. Utrecht

Utrecht menjelaskan pengertian hukum sebagai sebuah kumpulan peraturan, baik yang berisi perintah maupun larangan, dimana di dalamnya berisi tentang tata tertib pada sebuah masyarakat. Dan masyarakat yang berada dalam wilayah tersebut memiliki kewajiban untuk mematuhi peraturan tersebut tanpa ada pengecualian. Dan setiap pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat atas peraturan tersebut, akan berdampak pada munculnya tindakan yang dilakukan oleh pemerintah sebagai pemegang kekuasaan.

  1. Wiryono Kusumo

Pengertian hukum adalah keseluruhan peraturan (tertulis/ tidak). Di dalam peraturan tersebut berisi mengenai tata tertib pada suatu masyarakat serta bagi para pelanggar akan mendapatkan sanksi. Dijelaskan, bahwa hukum dibuat dengan tujuan menciptakan keselamatan, kebahagiaan serta ketertiban pada masyarakat itu sendiri.

  1. Mochtar Kusumaatmadja

Menurutnya, hukum adalah sebuah keseluruhan azas serta kaidah yang mebatasi kehidupan manusia selama hidup di tengah masyarakat melalui aturan baku. dalam azas-azas tersebut, tercakup berbagai institusi serta proses hukum yang berlaku guna menciptakan berlakunya kaidah tersebut dalam sebuah kenyataan.

  1. Lily Rasjidi

Pengertian hukum merupakan konsep yang di dalamnya bukan hanya berupa norma, namun lebih jauh hukum adalah sebuah institusi yang keberadaannya saling berkaitan.

  1. Soetandyo Wigjosoebroto

Menurut Soetandyo Wigjosoebroto, definisi hukum secara pasti tidak pernah bisa ditemukan. Sebab, hukum merupakan sebuah pemahaman yang berasal dari tiga konsep yaitu hukum sebagai sebuah azas moralitas, hukum sebagai kaidah positif yang dijalankan pada waktu serta tempat tertentu. Konsep terakhir adalah hukum merupakan instituso nyata dan bersifat fungsional pada sistem kehidupan masyarakat.

  1. A.L Goodhart

Goodhart menyatakan bahwa hukum merupakan seluruh peraturan yang digunakan oleh pengadilan dalam menyelesaikan semua sengketa yang ada di masyarakat.

  1. Austin

Hukum merupakan semua perundang-undangan positif yang ditentukan baik langsung maupun tidak langsung oleh seorang individu maupun sekelompok masyarakat yang memiliki wibawa bagi seseorang atau semua anggota masyarakat politik yang memiliki kedaulatan. Dan pada kondisi tersebut, hukum terbentuk sebagai sebuah posisi tertinggi untuk menjadi acuan.

  1. Han Kelsen

Hukum merupakan bagian dari ketentuan sosial yang di dalamnya berisi aturan untuk mengarahkan sikap dari masing-masing manusia. Dengan kata lain hukum merupakan rangkaian peraturan untuk mengatur perbuatan tertentu yang dilakukan manusia yang keberadaannya berbeda dengan norma. Dengan demikian, hukum merupakan ketentuan yang bersifat pasti.

  1. Karl Marx

Hukum merupakan pembawa kepentingan ekonomi para kapitalis yang tidak ragu untuk mengisi kehidupannya melalui eksploitasi secara luas. Dengan demikian hukum tidak hanya berfungsi dalam kehidupan politik saja namun juga dalam fungsi ekonomi.

  1. Montesqieu

Hukum adalah sebuah fenomena sosial dan adanya perbedaan hukum penyebabnya adalah perbedaan alam, sejarah serta kehidupan politik setiap wilayah yang dipengaruhi adanya faktor lain dalam kehidupan bermasyarakat. Itulah mengapa, hukum yang dianut sebuah negara harus dibandingkan dengan hukum yang dimiliki oleh negara lain.

  1. Bambang Sunggono

Hukum adalah sebuah produk yang dibuat berdasarkan kepentingan politik tertentu.

  1. Thomas Aquinas

Hukum adalah sebuah perintah yang dibuat oleh masyarakat, dimana jika muncul pelanggaran hukum, maka pihak yang melanggar tersebut akan mendapatkan hukuman. Hukuman ini diberikan oleh pimpinan masyarakat bersama dengan seluruh anggota masyarakat itu sendiri.

  1. Leon Duguit

Hukum merupakan tuntunan perbuatan anggota masyarakat, dimana aturan tersebut harus dipatuhi oleh masyarakat itu sendiri. Tujuannya agar memberikan jaminan kepentingan bersama serta jika ada pihak yang melanggarnya, bisa berdampak munculnya reaksi bersama dari masyarakat kepada pihak yang melanggar hukum tersebut.

  1. Immanuel Kant

Hukum merupakan kumpulan dari syarat-syarat, dimana di dalamnya berisi ajaran tentang sikap saling menghargai hak setiap orang. Sehingga kebebasan bertindak dari orang lain, akan disesuaikan dengan kebebasan yang dimiliki oleh orang lain dengan berdasarkan pada hukum mengenai kemerdekaan.

  1. S.M. Amin

Hukum merupakan gabungan dari seluruh peraturan di mana didalamnya berisi mengenai norma serta sanksi-sanksi.

  1. J.C.T Simorangkir dan Woerjono Sastropranoto

Hukum merupakan kumpulan peraturan yang memiliki sifat memaksa. Di dalamnya berisi ketentuan mengenai tingkah laku manusia di dalam kehidupan bermasyarakat yang dibuat oleh lembaga resmi yang ditunjuk. Dan setiap pelanggaran terhadap peraturan yang sudah ditetapkan tersebut, akan diikuti dengan sanksi sebagai bentuk konsekuensi.

  1. M.H Tirtaatmidja

Hukum merupakan kumpulan peraturan atau tata cara yang harus diikuti pada dalam bersikap dan bertindak serta dalam pergaulan. Di dalamnya berisi ancaman untuk menganti kerugian atas pelanggaran peraturan yang ada tersebut.

Definisi Hukum Secara Luas

Dari keseluruhan definisi yang dikemukakan oleh para ahli, pada dasarnya pengertian hukum bisa dikerucutkan pada poin tertentu. Secara luas, hukum dapat diartikan sebagai sebuah peraturan yang berisi tata cara dalam manusia bertingkah laku. Selain itu, hukum dibuat oleh lembaga resmi yang memiliki kewenangan untuk membuatnya. Hukum memiliki sifat memaksa pada setiap pihak yang terlibat di dalamnya, serta memiliki sanksi yang sudah ditentukan secara tegas.

Tinggalkan komentar

Filed under Hukum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s