Cara Membuat Kliping Ekonomi

Ekonomi Tahukah Anda Cara Membuat Kliping Ekonomi? Bagi sebagaian orang membuat kliping terasa menjengkelkan karena ribet, sulit, dan capek. Wajar saja bermunculan anggapan demikian karena membuat kliping dibutuhkan kejelian dan ketilitian yang tinggi.

Apalagi kala memilih dan memilah data, fakta, maupun informasi mana yang akan dijadikan kliping. Satu dari sekian jenis kliping yang sering dicari adalah kliping ekonomi. Kliping ini menunjukkan rupa-rupa informasi yang berhubungan dengan dunia ekonomi.

Ciri Khas

Kebanyakan kliping ekonomi menyertakan angka yang disajikan dalam tabel, statistik, maupun berita. Para mahasiswa, dosen, sampai peneliti yang biasanya berburu kliping ekonomi. Berikut ini ciri khas kliping ekonomi:

  • Angka. Ya, data, fakta, maupun informasi yang diperoleh seringkali berupa angka. Berita ekonomi yang diperoleh memang selalu bersinggungan dengan angka. Semisal angka kemiskinan, angka pengganguran, angka inflasi, dst.
  • Tabel. Tampilan informasi dari kliping ekonomi sering berbentuk dalam tabel, grafik, chart, dan semacamnya. Hal ini untuk memudahkan pembacaan suatu informasi.

Tips Ampuh

Nah, sekarang yang jadi pertanyaan bagaimana mendapatkan data, fakta, dan informasi untuk membuat kliping ekonomi?

1. Koran

Ada baiknya Anda mencari referensi berita ekonomi dari koran yang spesifik mengulas ekonomi. Sekarang ini telah banyak koran khusus ekonomi. Selain pemberitaan yang lebih dalam (deep news) datanya pun akan lebih beragam.

2. Internet

Nah, jika Anda tergolong orang yang ribet untuk menggunting berita dari koran. Lebih baik Anda memantau berita di media online. Biasanya koran koran yang mengulas khusus ekonomi tersebut memiliki versi online. Jadi, Anda tinggal menyimpan berita tersebut dan mencetaknya (jika perlu).

3. Sumber

Jangan lupa untuk mencantumkan nama sumber darimana Anda mendapatkan data tersebut. Hal ini penting untuk menjaga Anda sewaktu waktu sudah lupa dan ditanya oleh pihak yang bersangkutan, dari mana data tersebut Anda peroleh.

4. Tanggal

Selain sumber, tanggal pun tak kalah penting. Ada baiknya setelah melakukan penyimpanan langsung diberikan tanggal berapa berita tersebut dibuat. Hal ini penting kala Anda akan mengecheck otentik tidaknya data tersebut. Tanggal juga menunjukkan kapan berita tersebut dibuat.

5. Kategori

Setelah langkah diatas dilakukan, lakukan kategorisasi dalam membuat kliping. Semisal kliping ekonomi makro, kliping ekonomi mikro, kliping ekonomi kemiskinan, dst. Hal ini penting untuk memudahkan pencarian data ketika tengah dibutuhkan.

Menumpuknya dalam satu kliping ekonomi akan menjadikannya sulit ditelusuri. Apalagi ketika Anda membuatnya di media koran, bukan online yang gampang ditrack dan dilacak.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s