Ilmu Hukum

hukum

 Tahukah Anda Ilmu Hukum? Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ilmu hukum adalah ilmu yang berbicara dan mempelajari hal-hal mengenai hukum. Hukum merupakan sistem pengatur terpenting dalam segala aspek kehidupan manusia. Berbagai landasan hukum sering dijadikan patokan oleh manusia dalam menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.

Seseorang yang dinilai bersalah secara hukum akan dikenai sanksi dalam berbagai bentuk, seperti denda nominal dan denda kurungan. Lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu hukum di Indonesia jumlahnya sudah mulai banyak. Ketika pertama kali mempelajari tentang ilmu hukum, kita akan dikenalkan pada definisi hukum secara dasar.

Seorang filsuf asal Austria, Hans Kelsen, memperkenalkan teori hukum murni pada dunia. Dalam teori hukum murni ini, dikatakan bahwa hukum adalah norma yang mengatur mengenai hal-hal yang harus dilakukan dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Ilmu hukum sering disangkutpautkan dengan berbagai ilmu terapan lain, seperti ilmu agama dan ilmu sosial. Hal itu dirasa wajar karena semua ilmu-ilmu tersebut memiliki norma dan norma itu sendiri adalah hukum. Ilmu hukum mempunyai dua ragam keilmuan yang bisa dipelajari. Seperti, ilmu hukum pidana dan ilmu hukum perdata.

Ilmu Hukum Pidana

Ilmu hukum ini belajar mengenai aturan-aturan yang berlaku secara umum di kehidupan masyarakat. Hukum yang dikenakan bila seseorang melakukan pelanggaran terhadap berbagai norma kehidupan dipelajari dalam ilmu hukum pidana.

Ilmu Hukum Perdata

Ilmu hukum perdata belajar mengenai hubungan antara individu dengan individu, individu dengan lembaga, lembaga dengan individu, atau lembaga dengan lembaga. Hukum perdata biasanya berkenaan dengan harta atau materi. Selain kedua ilmu hukum murni tersebut, hukum memiliki beberapa ilmu yang berkaitan langsung dengan berbagai bidang keilmuan lain seperti berikut ini.

  1. Ilmu hukum tata negara adalah hukum yang mengatur keberlangsungan sebuah negara. Setiap negara pasti menggunakan hukum atau aturan dalam kehidupan bermasyarakatnya, seperti aturan mengenai penyelenggaraan pemerintahan dan sebagainya.
  2. Ilmu hukum administrasi negara adalah cabang ilmu hukum murni yang mempelajari administrasi sebuah negara. Hukum ini mengatur hubungan jabatan-jabatan aparatur negara dengan masyarakatnya dalam sebuah pemerintahan.
  3. Ilmu hukum internasional adalah ilmu hukum yang melandasi hubungan antar negara. Setiap negara diwajibkan untuk mematuhi hukum internasional tersebut.
  4. Ilmu hukum bisnis adalah ilmu hukum yang mempelajari hal-hal berkenaan dengan bisnis. Peraturan dalam berbisnis menjadi muatan utama dalam ilmu hukum ini.

Tinggalkan komentar

Filed under Hukum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s