Makalah Ekonomi

Ekonomi Tahukah Anda Makalah Ekonomi? Pernahkah Anda membaca makalah ekonomi? Manusia dan kehidupannya memang tidak bisa melepaskan diri dari ekonomi. Baik sebagai pelaku maupun penikmat. Ekonomi seolah menjadi satu kata yang berpengaruh penting dalam kehidupan manusia. Ekonomi bagaikan pengendali kehidupan manusia. Kehidupan tidak mungkin berjalan tanpa geliat ekonomi.

Definisi Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang maupun jasa. Salah satu masalah yang dibahas dalam ekonomi adalah penawaran barang.

Sebenarnya, istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti ‘keluarga atau rumah tangga’ dan nomos yang berarti ‘aturan, peraturan, hukum’. Dengan demikian, ekonomi dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Dalam ilmu ekonomi, dikenal pula ahli ekonomi atau ekonom. Ahli ekonomi adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Definisi Penawaran Barang

Penawaran barang adalah sejumlah barang atau jasa yang akan dijual pada waktu dan tingkat harga tertentu. Misalnya, per hari, per bulan, maupun per tahun. Jumlah barang yang tersedia itu merupakan hasil penggabungan penawaran barang dari seluruh produsen yang berada di daerah tertentu. Ada satu hal penting yang harus diketahui bahwa jumlah penawaran belum tentu sama dengan jumlah barang yang benar-benar dijual.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi

Sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi, manusia akan selalu dihadapkan pada masalah ekonomi. Inti masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa jumlah kebutuhan manusia tidak terbatas, sementara jumlah alat pemuas kebutuhan manusia sangat terbatas.

Setiap manusia tentu memiliki jumlah dan tingkat kebutuhan yang berbeda. Orang yang satu belum tentu memiliki tingkat kebutuhan sama dengan yang lain. Perbedaan tingkat kebutuhan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut.

  • Faktor ekonomi.
  • Faktor lingkungan sosial budaya.
  • Faktor fisik.
  • Faktor pendidikan.

Jenis Penawaran

Penawaran terdiri atas dua jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Penawaran individu, yaitu penawaran suatu barang yang dilakukan oleh penjual atau produsen.
  • Penawaran pasar, yaitu penjumlahan dari beberapa penawaran individu. Dengan kata lain, penawaran pasar berarti kalkulasi penawaran dari beberapa produsen.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran dapat mengalami perubahan dari segi kualitas maupun kuantitas. Perubahan tersebut dapat dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu sebagai berikut.

  • Harga barang atau jasa.
  • Harga input atau biaya produksi yang turut mempengaruhi kuantitas barang yang ditawarkan. Ketika tenaga kerja, modal, bahan baku, dan bahan pembantu, naik, produsen akan terdorong untuk menurunkan atau mengurangi kuantitas barang yang ditawarkan. Hal itu dilakukan sebagai cara untuk menghindari tanggungan biaya yang besar.
  • Teknologi produksi yang digunakan turut mempengaruhi kuantitas barang yang ditawarkan sehingga berpengaruh pada penawaran.

Itulah sedikit gambaran mengenai ekonomi serta unsur-unsur pendukungnya, termasuk penawaran barang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai ekonomi dan kegiatannya. Bagaimanapun, manusia akan selalu berhubungan dengan kegiatan ekonomi.

Coba Anda bayangkan, apa jadinya kehidupan ini tanpa sebuah ilmu yang bernama “ekonomi”. Memang, sebuah laju kehidupan masih bisa berjalan tanpa ilmu yang mengaturnya, namun keberadaan ilmu ekonomi mampu memperjelas berbagai analisis kegiatan yang sebelumnya tidak pernah diketahui penyebab dan pengaruhnya. Ilmu ekonomi mampu membuat manusia memperhitungkan dan memperkirakan “angka” yang harus dan bisa didapat.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s