Pengertian Pariwisata

Pariwisata Tahukah Anda Apa Itu Pariwisata? Pariwisata adalah sektor yang bisa menunjang kemajuan suatu daerah, terutama dengan adanya peraturan mengenai otonomi daerah. Kebijakan ini diberlakukan salah satunya atas dasar karena masyarakat daerah memiliki modal yang dapat diandalkan untuk kemajuan daerahnya, salah satunya adalah melalui kegiatan pariwisata.

Apa itu pariwisata? Untuk menjawabnya bisa merujuk pada pengertian pariwisata. Undang-Undang No 9 tahun 1990, mengenai kepariwisataan Bab I, pasal 1: dijelaskan bahwa wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati objek atau daya tarik wisata.

Dengan merujuk pada pengertian yang terkandung pada UU No 9 Bab 1, Pasal 1 tersebut, maka pariwisata sendiri adalah sebuah kata kerja aktif, di mana unsur-unsur di dalamnya terdiri dari:

  1. Kegiatan perjalanan, maksudnya adalah suatu kegiatan yang bisa dilakukan perorangan ataupun perkelompok. Kegiatan tersebut adalah mendatangi suatu tempat yang dituju / tempat wisata.
  2. Dilakukan dengan sukarela, maksudnya adalah tidak ada paksaan untuk wisatawan agar datang ke tempat wisata.
  3. Bersifat sementara, maksudnya wisatawan yang datang hanya untuk berkunjung tanpa menjadi penduduk daerah tersebut. Kalaupun menetap hanya beberapa hari atau satu minggu saja.
  4. Perjalanan dilakukan dengan tujuan untuk menikmati objek wisata.

Keuntungan Pariwisata

Akibat adanya reformasi dan perombakan di beberapa peraturan dan kebijakan, permasalahan pariwisata juga menjadi hal yang diusung. Undang-Undang No 5 tahun 1974 tentang peraturan pemerintah di daerah, dirasakan sudah tidak sesuai dengan kondisi dan prinsip penyelenggaraan otonomi daerah, sehingga dampaknya akan menghambat roda pemerintahan, baik di pusat maupun daerah.

Kemudian terbentuklah UU No 22, tahun 1999 tentang pemerintahan daerah. Undang-undang ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pemda mengembangkan daerah dan perekonomian masyarakatnya. Dengan demikian, pembangunan masyarakat dan sumber daya alam dapat dioptimalisasikan untuk kepentingan masyarakat daerah itu sendiri.

Agar kegiatan pariwisata dapat berjalan baik, maka dikeluarkan pula peraturan daerah mengenai aset wisata. Tidak semua tempat bisa dijadikan tempat wisata. Tempat wisata harus-lah menjadi tempat yang bisa menarik wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik.

Hal tersebut sudah dicantumkan dalam Undang-Undang No 9 tahun 1990. Berikut paparan serta penjelasannya.

Daya tarik sasaraan yang bisa dijadikan tempat wisata dalah sebagai berikut:

  1. Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang berwujud keadaan alam serta flora dan fauna, seperti pemandangan alam, panorama indah, hutan rimba dengan tumbuhan tropis, serta binatang-binatang langka.
  2. Karya manusia yang berwujud: museum, peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni budaya, wisata (agro) pertaminina, wisata tirta (air), wisata petualangan, taman rekreasi dan tempat hiburan.
  3. Sasaran wisata minat. Berhubungan dengan hobi, seperti: berburu, mendaki gunung, industri dan kerajinan, tempat perbelanjaan, sungai air deras, tempat-tempat ibadah ziarah dan lain-lain.

Setiap daerah di Indonesia memiliki unsur-unsur yang terdapat dalam tempat yang menjadi sasaran pariwisata tersebut. Kalaupun tidak semua ada, masih ada yang bisa diberdayakan menjadi objek pariwisata yang dapat menambah devisa daerah masing-masing.

Indonesia terbagi menjadi beberapa suku dan kebudayaan yang beraneka macam, membuat dunia pariwisata semakin ramai. Selain alamnya, kesenian dan unsur kebudayaan suatu daerah dan perkembangan di daerahnya dapat dijadikan sasaran wisatawan. Dengan melakukan promosi dan kerjasama dengan beberapa pihak, maka pariwisata di Indonesia (daerah-daerah) akan mengalami kemajuan.

Tinggalkan komentar

Filed under Ilmu Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s