Sejarah Antivirus Komputer

Sejarah Tahukah Anda Sejarah Antivirus Komputer? Virus computer telah menjadi momok bagi para pengguna dan bagi perusahaan yang menerapkan sistem komputerisasi. Virus sebagai program jahat tidak saja akan merusak bagian dari computer namun juga dapat menghapuskan file dan data-data penting. Untuk mengatasi penyakit computer tersebut lalu muncul program antivirus. Karena itu sejarah antivirus komputer selalu lebih lambat ketimbang virusnya.

Setelah perkembangan virus makin meluas, mendorong berbagai pihak untuk membuat program antivirusnya. Mereka bukan saja merupakan perusahaan independen, namun sejumlah produsen software terkemuka juga turut membuat program antivirus terutama untuk mengatasi kelemahan yang masih ada.

Tahapan Perkembangan

Meski virus telah ditemukan pertama kalinya sejak tahun 1970, namun banyak kalangan yang masih belum yakin dengan gangguan tersebut. Istilah virus komputer sendiri muncul sekitar tahun 1986 atau 1987 saat dipopulerkan oleh Ralf Bunner dalam sebuah bukunya. Setelah itu, sebagai respon makin pesatnya perkembangan virus, pada tahun 1988 muncul program antivirus untuk pertama kalinya.

Meskipun program antivirus ini sekedar untuk mengatasi virus Brain yang saat itu merajalela dengan merusak sistem MS Dos, namun ejak saat itu sejarah antivirus komputer memang dimulai. Apalagi perkembangan virus saat itu sudah melewati beberapa tahap lebih maju dan menyerang berbagai kelemahan komputer.

Berdasarkan kemampuan program antivirus yang diciptakan, setidaknya sejarah antivirus dapat dikelompokkan ke beberapa tahapan. Tahap pertama berupa penangkalan dengan scanning secara sederhana untuk menemukan tentang adanya suatu virus. Tahap kedua lebih meningkat dengan kemampuan scanning yang lebih maju untuk menemukan adanya gangguan virus.

Tahap ketiga lebih maju lagi dimana program antivirus yang dibuat secara activity trap atau bekerja dengan membuat jebakan aktifitas. Program antivirus tahap ini sudah diinstal secara menetap di dalam memori namun belum mampu mengatasi mencegah atau mengatasi struktur program yang terkena virus.

Sedangkan tahap keempat berupa antivirus dengan proteksi lengkap yang diterapkan secara bersamaan, dari scanning hingga membuat jebakan aktivitas atau activity trap.

Harus Membeli

Namun ibarat pencuri dengan tuan rumahnya, sebagus apapun pencegahan yan dilakukan pemilik rumah namun keahlian pencurian akan selalu dapat menjebolnya.

Begitu juga dengan pertarungan virus dan antivirus komputer, tampaknya tak akan pernah mampu mengatasi semua jenis virus dengan atu jenis antivirus. Apalagi unsur bisnis tentu saja mewarnai perkembangan virus yang ada maupun sejarah antivirus komputer yang dihasilkan.

Saat ini sejumlah perusahaan pembuat software telah membuat dan menyediakan berbagai program antivirus yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna secara gratis untuk mengatasi gangguan virus komputer. Diantaranya Avira Antivir, AVG, PC Mav, Ansav, Kapersky, dan Smadav.

Namun namanya juga gratis tentu tak akan mampu bekerja secara optimal. Nah, agar dapat menggunakan program antivirus yang lebih baik dalam mencegah dan mengatasi virus tentu saja kita diminta untuk membelinya.

Tinggalkan komentar

Filed under Sejarah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s