Makna Bahasa Tubuh Manusia

Bahasa Tahukah Anda Makna Bahasa Tubuh Manusia? Bahasa tubuh merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal. Biasanya, isyarat nonverbal ini lebih jujur daripada kata-kata yang keluar dari mulut manusia. Misalnya, seorang teman mengatakan pada Anda bahwa ia baik-baik saja, namun matanya mengeluarkan air mata. Isyarat mana yang lebih Anda percaya?

Oleh karena itu, kemampuan menginterpretasi bahasa tubuh menjadi bekal penting untuk Anda kuasai, baik dalam hubungan relasi personal maupun bisnis. Menurut Ray Birdwhistell, pelopor kinesics (bidang ilmu yang menelaah bahasa tubuh), pada dasarnya, setiap anggota tubuh manusia, dari wajah sampai kaki, dapat digunakan sebagai isyarat simbolik.

Inilah beberapa panduan dasar dalam membaca bahasa tubuh lawan bicara Anda.

Kepala

Bagaimana posisi kepala lawan bicara Anda?

Jika mendongak ke arah atas, berarti ia memiliki sikap netral pada topik atau situasi yang ia hadapi. Namun, kalau mendongaknya cukup tinggi, berarti ia ingin menunjukkan kalau dirinya lebih superior dan berani. Kepala yang miring ke satu sisi menandakan sikap mudah bekerja sama, penerimaan, dan terkadang juga merupakan ekspresi menggoda dalam konteks percintaan.

Jika dagu turun, berarti orang itu tidak menyetujui sesuatu dan bersikap menghakimi secara agresif. Perpaduan bahu yang dinaikkan dan kepala yang diturunkan bermakna sikap reseptif, tidak mau mengancam dan posisi inferior.

Mata

Mata adalah elemen yang sangat vital dalam membaca pikiran dan sikap manusia. Pupil mata seseorang akan membesar saat seseorang melihat hal yang menstimuli mereka, baik itu hal yang menyenangkan maupun menyedihkan. Contohnya, lawan jenis, politisi, adegan perang, anak kecil yang terluka, mendengar musik, dan lain-lain.

Orang yang tampak sengaja melebarkan bola matanya (dengan cara menaikkan alis dan kelopak mata) sedang meminta simpati Anda, sedangkan menurunkan kelopak mata sambil menaikkan alis pada saat bersamaan dengan mulut sedikit terbuka berarti mengirim sinyal seksual pada lawan jenis.

Mulut

Salah satu bahasa tubuh paling populer untuk dibaca adalah bibir, terutama senyuman. Mau tahu tulus tidaknya senyum seseorang? Cek kerutan di sekitar mata.

Orang yang tulus akan tersenyum juga dengan matanya, tidak hanya dengan bibirnya. Selain itu, senyuman yang bibirnya terkatup rapat bisa menjadi pertanda bahwa lawan bicara Anda menyembunyikan sesuatu.

Senyuman miring menunjukkan sarkasme. Perhatikan para figur publik dan politisi. Mereka biasanya memakai teknik tersenyum sambil menurunkan rahang bawah untuk kesan ceria dan ramah. Senyuman yang dilakukan sambil menundukkan kepala tetapi pandangan mata ke arah atas dipakai untuk mendapatkan simpati.

Tangan

Telapak tangan adalah salah satu isyarat nonverbal yang paling jarang diperhatikan. Padahal, ia merupakan sinyal tubuh yang paling kuat. Telapak tangan yang menghadap ke atas bermakna tidak mengancam. Zaman dahulu, isyarat ini dipakai untuk menunjukkan tidak adanya senjata. Telapak tangan yang menghadap ke bawah akan memproyeksikan otoritas. Demikian juga isyarat menunjuk dengan jari telunjuk.

Kaki

Memang anggota tubuh yang satu ini lebih sulit diamati daripada yang lain. Namun, ada sebuah prinsip dasar yang dapat Anda ingat. Kaki seseorang, tanpa ia sadari, akan mengarah pada hal yang sebenarnya ia inginkan atau pada hal yang menarik perhatiannya (seorang wanita cantik, misalnya).

Contoh, jika telapak kaki seseorang saat mengobrol di tengah pesta mengarah ke pintu keluar, sebenarnya ia sudah tidak betah dan mau segera pulang.

1 Komentar

Filed under Bahasa

One response to “Makna Bahasa Tubuh Manusia

  1. dah ku simpan d bookmarks..:-):-P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s