Tips Memilih Buku Bank Soal Matematika

Matematika Tahukah Anda Cara Memilih Buku Bank Soal Matematika? Menjelang masa-masa ujian, buku jenis bank soal atau kumpulan soal mendadak diserbu para pembeli. Mereka yang mencari buku ini adalah para siswa dan orangtua siswa yang siap-siap menghadapi ujian akhir sekolah, maupun ujian akhir semester.

Dari sekian banyak buku yang bisa dipilih, bank soal Matematika masih paling banyak dicari. Alasannya sangat sederhana, karena Matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga butuh persiapan dan latihan lebih banyak ketimbang pelajaran lain yang diujikan.

Kebutuhan Sesuai Karakteristik Pelajaran Matematika

Matematika memang masih dianggap pelajaran yang sulit. Selain itu, Matematika juga memiliki karakter yang berbeda dengan pelajaran lainnya. Matematika bukan pelajaran yang harus dihapalkan, melainkan harus dipahami melalui latihan yang terus menerus dan terpola.

Berdasarkan karakteristik inilah buku bank soal Matematika dibutuhkan untuk memperbanyak latihan menyelesaikan soal-soal Matematika. Yang perlu ditanamkan dalam pemikiran kita, terutama para siswa, adalah tidak ada satu pun soal yang ada dalam buku bank soal akan muncul dalam ujian.

Maksudnya, soal yang ada dalam buku bank soal pasti berbeda dengan soal yang diujikan, tetapi pasti ada soal-soal yang setipe atau satu model. Jadi, dalam hal ini buku bank soal berguna untuk memperbanyak latihan mengerjakan model-model soal yang diprediksi muncul pada saat ujian.

Tips Memilih Buku Bank Soal Matematika

  1. Pastikan isinya lengkap, sesuaikan isi buku dengan kisi-kisi ujian yang diberikan oleh guru ataupun kisi-kisi ujian tahun sebelumnya.
  2. Pastikan ada beberapa paket soal, misalnya paket 1 (pembahasan soal ujian tahun sebelumnya), paket 2 (latihan/tryout 1), paket 3 (latihan/tryout 2), paket  4 (prediksi), dan seterusnya. Pembahasan setiap butir soal merupakan bagian yang sangat penting dari buku ini karena akan membantu mengerjakan soal dengan model yang sama pada paket lainnya, maupun saat ujian nanti.
  3. Pastikan ada kunci jawaban yang lengkap untuk setiap paket soal. Kunci jawaban biasanya diletakkan di bagian akhir buku ataupun dipisahkan dari buku pada lembaran khusus kunci jawaban.
  4. Pilihlah buku dengan metode penyajian semaksimal mungkin sesuai dengan pelaksanaan ujian, misalnya menyediakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).
  5. Tidak ada salahnya Anda juga memperhatikan penerbit dan penyusun buku. Penerbit dan penulis atau penyusun buku pelajaran, termasuk buku bank soal haruslah yang kompeten di bidangnya.
  6. Periksa isi buku, pastikan isi buku bukan penyusunan ulang dari buku-buku serupa pada tahun sebelumnya. Karena soal-soal Matematika menyajikan materi dengan kurikulum dan pokok materi yang sama setiap tahunnya, ada kemungkinan penerbit memasukkan paket soal dari buku yang diproduksi pada tahun sebelumnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s