Cara Belajar Bahasa Mandarin

Bahasa Tahukah Anda Cara Belajar Bahasa Mandarin ? Bahasa Mandarin memiliki tempat tersendiri di era globalisasi sekarang ini. Minat untuk belajar bahasa Mandarin semakin meningkat. Banyak sekolah menengah ke atas memasukkan bahasa Mandarin ke dalam kurikulum pendidikan yang wajib dipelajari.

Banyak pula perusahaan atau instansi yang membutuhkan keahlian berbahasa Mandarin, walaupun minimal pasif, tapi tetap saja itu merupakan hal yang penting.

Seorang guru besar dari salah satu Universitas di Taiwan mengatakan bahwa abad XIX adalah abad Inggris, abad XX adalah abad Amerika Serikat dan abad XXI adalah abad Cina.

Oleh karena itu, bahasa Mandarin sudah menjadi bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris. Menguasai bahasa Mandarin berarti mendapatkan kunci untuk menuju keberhasilan dalam hidup kita.

Bahasa Mandarin seperti bahasa Indonesia, tidak memiliki bentuk past tense (kata kerja berubah) atau past continuous tense seperti bahasa Inggris. Yang agak sulit adalah bahasa Mandarin memiliki empat (4) nada yang dipakai untuk membedakan arti.

Nada pertama, nada tinggi datar; nada kedua, nada tengah; nada ketiga, nada rendah; dan nada keempat, nada tinggi yang pengucapannya agak dihentak. Salah pelafalan akan menyebabkan salah pengartian.

Belajar bahasa Mandarin bukan hanya belajar pinyin (standar pelafalan internasional), namun kita juga harus belajar penulisan hanzi (huruf Kanji). Huruf Kanji menggambarkan simbol dari kata yang dimaksud. Seperti contohnya, kata “lapar”, dalam huruf hanzi terdiri dari dua (2) simbol yaitu simbol dari “nasi” dan “mulut”, jadilah artinya lapar.

Lepas dari kesulitan dan kemudahannya, jika kita ingin jadi pribadi yang maju dan berkembang, mempunyai niat untuk belajar bahasa Mandarin, maka kesulitan itu tidaklah menjadi penghalang niat kita. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita ditentukan oleh pandangan atau paradigma yang kita miliki.

Apabila kita berpikir bahwa bahasa Mandarin itu sulit untuk dipelajari, maka itulah yang akan terjadi. Namun sebaliknya, jika kita berpikir bahwa belajar bahasa Mandarin itu tidak sulit, maka belajar bahasa Mandarin akan menjadi sesuatu yang mudah bahkan menyenangkan.

Tips Belajar Bahasa Mandarin

Jika Anda berniat belajar bahasa Mandarin sebagai bekal menuju keberhasilan, ikutilah cara-cara sederhana berikut ini:

1.      Mengikuti kursus

Saat ini tempat kursus bahasa Mandarin sudah menjamur di mana-mana. Bahkan tak sedikit tempat kursus bahasa Inggris juga membuka kurikulum untuk bahasa Mandarin. Biayanya bervariasi dari yang mahal hingga yang murah.

2.      Beli kamus

Untuk lebih memudahkan dalam proses pembelajaran, ada baiknya Anda membeli kamus. Anda bisa baca-baca dan pasti menemukan kata-kata baru dalam perbendaharaan bahasa Mandarin Anda.

3.      Membeli buku belajar praktis

Saat ini buku-buku belajar, seperti metode cepat menguasai bahasa atau penguasaan bahasa Mandarin sehari-hari sudah menjamur. Anda pasti akan menemukan banyak buku seperti ini di toko buku.

Buku ini cukup mudah dimengerti karena menyajikan kosa kata dalam Hanzi, pinyin, berikut artinya dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Buku belajar seperti ini biasanya melampirkan rekaman audio untuk membantu proses pembelajaran dalam melatih pendengaran.

4.      Menonton film Mandarin

Ini sangat dianjurkan untuk melatih bicara dan mendengar pelafalan bahasa Mandarin. Saat ini pun sudah banyak film Mandarin dijual dalam bentuk VCD atau DVD. Menonton film Mandarin ibaratnya sambil menyelam minum air, Anda bisa belajar sekaligus sebagai hiburan.

5.      Bicara atau menulis bahasa Mandarin

Anda diharapkan mengambil setiap kesempatan untuk berbicara atau menulis dalam bahasa Mandarin. Misalkan, Anda ingin menulis note di kalender, tulislah dalam bahasa Mandarin.

Atau Anda sedang berkaca melihat hasil riasan Anda hari itu, ucapkanlah “Hao kan!” yang artinya “tampan sekali!” atau “wo shi zhen de hen piaoliang” artinya “aku benar-benar cantik!”.

Tinggalkan komentar

Filed under Bahasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s