Soal Matematika SMP

Matematika Tahukah Anda Soal Matematika SMP? Soal matematika SMP merupakan satu dari sekian banyak mata pelajaran yang kerap kali paling dianggap sulit oleh para siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Soal matematika SMP terkadang berisi mengenai soal yang mengharuskan siswa dan siswi menghapal sederetan rumus-rumus yang kadang sangat membingungkan.

Oleh karena itu, tidaklah heran apabila soal matematika SMP ini dipandang sebagai pelajaran paling sulit dari beberapa pelajaran pilihan eksak yang ada. Padahal, jika siswa dan siswi Sekolam Menengah Pertama (SMP) mau dengan ulet dan tekun belajar materi soal matematika SMP, sesulit apa pun soal matematika SMP, pastinya akan dengan sangat mudah sekali dipecahkan.

Inti dari pemecahan soal matematika SMP terletak dari 4 kata kunci, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bila siswa dan siswi sudah menguasai keempat kata kunci tersebut dalam inti matematika ini, sudah bisa dipastikan dalam mempelajari materi soal matematika SMP yang berbobot agak sulit, siswa dan siswi tidak akan terlalu menemui kesulitan yang sangat berarti.

Selain itu, tentu saja dalam pemecahan materi soal matematika SMP ini, keempat kata kunci tersebut hanyalah faktor dasar. Sementara itu, faktor pendukung utama dalam pemecahan soal matematika smp itu adalah ketekunan dan kemauan untuk belajar serta memodifikasi soal-soal sedemikian rupa. Jadi, pada saat siswa dan siswi menemui soal matematika SMP yang memiliki indentifikasi atau tipe yang sama, pemecahannya pun sudah dapat ditemukan.

Pendidikan Merupakan Pintu Gerbang Menuju Pengembangan Ilmu

Pendidikan merupakan pintu gerbang menuju pengembangan ilmu. Kalimat tersebut mencerminkan bahwa pendidikan yang bermutu akan membawa suatu perubahan yang sangat signifikan. Dunia pendidikan terus mengalami perkembangan dalam perjalanannya. Oleh karena itu, mutu dan kualitas pendidikan harus selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Hal itu tentu saja tidak dapat berjalan jika kualitas sumber daya manusianya yang tidak lain adalah para siswa dan siswi, tidak dipersiapkan sedini mungkin.

Oleh karena itu, mutu latihan dan pembekalan kemampuan siswa dan siswi harus semakin ditingkatkan dengan seringnya sekolah dan lembaga les memberikan soal-soal latihan yang bobotnya dinilai tinggi.

Soal matematika SMP kerap kali dibuat sekompleks mungkin agar siswa dan siswi terbiasa memecahkan materi-materi yang terkesan rumit dan sulit. Namun tentu saja, soal matematika SMP ini, walaupun dibuat serumit dan sesulit apa pun, para pembuat soal sudah siap mengimbanginya dengan kunci jawaban yang sangat sederhana dan mudah dimengerti oleh para siswa dan siswi.

Rumit dan sulit, itulah yang tersirat pada saat melihat soal-soal latihan khususnya soal matematika SMP. Namun disadari atau tidak, inti dari soal matematika SMP hanyalah pengulangan materi. Baik itu materi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP), dan Sekolah Menegah Atas (SMA). Hanya saja dalam penerapannya materi-materi tersebut disesuaikan dengan kenjenjangan siswa dan siswi. Semakin tinggi tingkatan akademiknya, maka akan semakin tinggi dan rumit pula tipe soal yang akan dipecahkan oleh siswa dan siswi.

Tentu saja, materi soal matematika SMP ini dibuat dengan tujuan agar siswa dan siswi lebih memahami mata pelajaran matematika SMP, seperti pepatah bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini pastilah memiliki alasan.

Seperti itulah soal matematika SMP dibuat pun karena memiliki alasan karena materi-materi dasarnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, merupakan materi dasar dari rumus soal matematika SMP.

Selain itu, jika kita cermati lebih jauh, materi mengenai perbandingan, pencarian rata-rata itu adalah satu dari sekian banyak materi dari soal matematika SMP yang kerap kali muncul. Baik itu dalam jenjang kelas 7, 8, 9 maupun dalam latihan-latihan soal matematika SMP.

Berikut ini merupakan beberapa contoh soal matematika SMP dari beberapa materi soal matematika SMP yang sering dipelajari dan kerap kali keluar dalan ujian di bangku sekolah.

Soal 1:
Suhu di Jakarta 29 derajat celcius. Pada saat yang sama, suhu di kutub utara -15 derajat celcius. Berapakah perbedaan suhu di kedua daerah tersebut?
a) 44 derajat celcius
b) 14 derajat celcius
c) -14 derajat celcius
d) -44 derajat celcius

Jawab:
Perbedaan suhu di kedua tempat tersebut adalah sebagai berikut.

29 – (-15)= 44.

Jadi, perbedaan di antara kedua tempat tersebut adalah 44 derajat celcius

Soal 2:
Pada sebuah toko, Huda dan Anis membeli terigu dan beras dengan merek yang sama. Huda membeli 6 kg terigu dan 10 kg beras seharga Rp. 84.000. Semantara itu, Anis membeli 10 kg terigu dan 5 kg beras seharga Rp. 70.000. Berapakah harga 8 kg terigu dan 20 kg beras?
a) Rp. 152.000
b) Rp. 130.000
c) Rp. 128.000
d) Rp. 120.000

Jawab:
Misalkan, terigu = t dan beras = b, maka didapat sistem persamaan sebagai berikut.

6t + 10b = 84.000
10t  +  5b = 70.000 X 1X 2

6t + 10b =  84.000
20t  + 10b = 140.000  – 14 t  =  -56.000
t  =     4.000

Untuk t = 4.000 = 6 t + 10 t = 84.000
6 (4.000) + 10 b = 84.000
24.000 + 10 b = 84.000
10 b = 60.000
b =   6.000

Jadi, harga 1 kg terigu = Rp. 4.000 dan harga 1 kg beras = Rp. 6.000. Maka, harga 8 kg terigu dan 20 kg beras adalah

8 (4000) + 20 (6000)= 32.000 + 120.000= 152.000

Soal 3:
Hasil nilai ulangan matematika pada suatu kelas tersusun sebagai berikut :

Nilai: 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90, 95, 100,
Frekuensi 1, 1, 3, 7, 7, 10, 4, 2, 3,

Median dari data di atas adalah

a) 77,5
b) 80
c) 82,5
d) 85

Jawab:
Jumlah frekuensi = 1+1+3+7+7+10+4+2+3 = 38
Median data nomor 19 + data nomor 20 2 =  80 + 85
2= 82,5

Beberapa contoh soal dan pembahasannya di atas merupakan beberapa dari sekian banyak soal matematika SMP yang selalu sering keluar atau kita lihat. Walaupun tipe soalnya sedikit berbeda, namun soal matematika SMP ini tentu sudah dapat kita prediksi seperti apa wujud dan bentuk soalnya.

Dalam soal matematika SMP, rumus sudah pasti merupakan kunci utamanya. Jika siswa dan siswi SMP tidak mengetahui rumus dari suatu soal, sudah pasti siswa dan siswi tidak dapat mengerjakan soal tersebut. Namun demikian, menghapal rumus-rumus untuk memecahkan soal matematika SMP tidaklah serumit yang dibayangkan. Semakin banyak siswa dan siswi berlatih, maka sesulit dan serumit apa pun soal matematika SMP yang dihadapi pasti akan bisa terjawab.

Karena pada dasarnya, semua ilmu itu berawal dari hapalan, baik itu ilmu hapalan yang sudah pasti mengharuskan kekuatan otak dalam menghapal, maupun ilmu eksakta yang mau tidak mau mengharuskan siswa dan siswi menghapal rumus demi rumus. Mulai dari rumus sederhana, hingga rumus yang cukup komplikasi bergantung dari jenis dan tipe soal yang dihadapi.

Perbandingan, selisih, dan rata-rata adalah sekian dari banyaknya tipe materi soal matematika SMP. Namun demikian, semakin banyak siswa dan siswi berlatih dan mengulang materi, maka soal matematika SMP sesulit apa pun akan dapat terpecahkan. Kemampuan anak dalam memecahkan soal matematika SMP tidak dapat diukur dari cepat atau lambatnya anak dalam mengerjakan soal. Namun, lebih tepatnya terletak pada ketepatan anak dalam memecahkan dan menemukan suatu jawaban dalam soal matematika SMP.

Memang alangkah lebih baiknya jika kecepatan bergabung menjadi satu dengan ketepatan. Namun, semua itu akan terwujud jika anak sudah terbiasa berlatih mengerjakan soal matematika SMP.

1 Komentar

Filed under Matematika

One response to “Soal Matematika SMP

  1. johanna dewi artanti

    kurang lengkap ….sih…soalnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s