Teori Belajar Matematika yang Mudah Dilakukan

Matematika Tahukah Anda Teori Belajar Matematika yang Mudah Dilakukan? Pelajaran Matematika sering merupakan momok bagi para siswa. Banyak siswa dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi yang membenci mata pelajaran ini. Kesulitan yang harus dihadapi dengan berbagai penggunaan logika dan rumus dalam menyelesaikan soal merupakan kendala.dan permasalahan besar.

Namun ada teori belajar matematika yang sebenarnya mudah untuk dilakukan. Dengan menerapkan teori ini, matematika bukanlah  menjadi mata pelajaran yang harus dihindari.

Memahami Konsep dan Bukan Menghapal Rumus

Teori belajar matematika pertama yang harus diingat adalah bahwa belajar matematika berarti memahami konsep untuk setiap soal yang dihadirkan. Walau di dalam matematika ada rumus yang harus dihapal, namun inti dari pelajaran matematika adalah pemahaman.

Seberapa hebat Anda dalam menghafal berbagai rumus matematika, tidak akan bermanfaat jika konsep dasarnya tidak dipahami. Pemahaman konsep menjadi modal utama dalam menguasai pelajaran matematika. Itulah teori belajar matematika yang paling utama yang harus dikuasai terlebih dahulu.

Belajar dari Contoh Soal

Memahami konsep bisa dilakukan dengan cara membaca berbagai uraian pelajaran matematika. Namun teori saja tidak akan dapat membuat pemahaman secara lengkap. Diperlukan juga praktik yang artinya Anda harus belajar dari berbagai soal.

Teori belajar matematika kedua yang juga sangat mudah dilakukan adalah belajar dari contoh soal. Uraian teori yang Anda peroleh harus Anda terapkan di dalam berbagai contoh soal. Dengan melihat bagaimana teori dalam menyelesaikan berbagai soal, Anda akan lebih mampu lagi memahami konsep secara menyeluruh. Soal-soal inilah yang merupakan refleksi dari bahan pelajaran sebenarnya.

Belajar dari Soal yang Paling Mudah

Untuk memahami suatu persoalan yang sulit, tentu Anda butuh latihan. Pemahaman dapat diperoleh dengan latihan secara berkesinambungan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu.

Dalam teori belajar matematika, saat soal mudah bisa dikuasai maka kemungkinan besar soal yang lebih sulit juga bisa dikuasai. Anda tidak akan dapat memahami matematika jika memulai dengan soal yang sulit. Soal yang mudah akan membentuk kemampuan secara perlahan-lahan untuk menyelesaikan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Saat kemampuan diperoleh, soal matematika apapun dapat diselesaikan. Jika soal matematika sudah dapat diselesaikan, tentu belajar matematika bukanlah hal yang sulit. Dan pastinya matematika bisa menjadi mata pelajaran favorit. Teori belajar matematika yang paling puncak adalah menciptakan kesenangan belajar terlebih dahulu. Jika sudah demikian, matematika tidak akan menjadi momok bagi siapapun juga.

Tinggalkan komentar

Filed under Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s