Mengenal Bahasa Jerman

Bahasa Tahukah Anda Bahasa Jerman? Bahasa Jerman sebenarnya merupakan salah satu jenis bahasa yang mempunyai beberapa variasi. Karena di setiap daerah yang penduduknya menggunakannya untuk melakukan komunikasi dengan orang lain selalu punya dialek atau aksen yang berbeda-beda. Sedangkan bahasa yang baku serta standar dinamakan dengan Jerman Tinggi atau Hochdeutch. Bahasa  jenis ini sering digunakan untuk sekolah, koran atau surat kabar, sastra, serta berbagai lembaga resmi yang lain.

Oleh mereka yang lebih sering menggunakan bahasa Jerman yang baku, varian bahasa yang tersebar di berbagai tempat itu dianggap sebagai suatu bahasa yang lain atau bahasa tradisional. Alasannya adalah karena cara pengucapan dan lafalnya sudah  berbeda sama sekali dengan sistem bahasa yang asli atau baku. Dan karena perkembangan jaman, beberapa varian bahasa tersebut ada yang sudah tidak pernah digunakan lagi atau bisa dikatakan sudah punah.

Sejarah Bahasa Jerman

Pada jaman dulu Bahasa Jerman dalam penulisannya lebih sering memakai huruf latin yang diikuti dengan sambungan yang sesuai. Namun bentuk dari tulisan ini sama sekali tidak sama bila dibandingkan tulisan latin seperti yang dikenal oleh masyarakat pada jaman sekarang. Bentuk tulisan ini memang lebih sulit dan tidak mudah dipahami kecuali oleh orang yang ahli dan terlatih.

Ketika orang Nazi mulai kuat menancapkan kekuasaannya, mereka menggunakan bentuk tulisan lain berupa huruf fraktur serta schwabacker. Namun ketika perang dunia ke dua akan terjadi, Nazi melarang penggunaan huruf ini. Alasan utamanya adalah karena bentuk huruf ini terlalu banyak mengandung muatan Yahudi. Padahal Nazi sangat anti sekali dengan segala hal yang berhubungan dengan Yahudi.

Perkembangan Bahasa Jerman

Dalam perjalanan sejarahnya, bahasa Jerman pernah menjadi bahasa yang penting di daerah Eropa terutama bagian tengah. Bahkan menjadi bahasa pengantar yang paling sering digunakan. Selain itu banyak pelajaran ilmu pengetahuan yang menggunakannya. Keadaan ini terus berlangsung hingga memasuki abad ke XX.

Namun saat ini bahasa tersebut sudah tidak punya pengaruh yang begitu tinggi di dunia internasional. Apalagi ketika perang dunia yang ke dua berakhir dan Jerman mengalami kekalahan dengan sekutu pada perang tersebut. Ketika itu banyak orang Jerman yang diusir dan diharuskan meninggalkan daerah Eropa bagian Timur secepatnya. Orang yang menggunakan bahasa ini semakin berkurang jumlahnya.

Namun ketika negara Jerman bisa bangkit lagi setelah mengalami kemunduran akibat kekalahan perang, bahasa Jerman mulai populer lagi, meski tidak sama keadaanya dengan jaman dulu. Bahkan saat ini selain bangsa Jerman sendiri ada penduduk negara Austria, Swiss, Luxemburg, Belgia, Denmark, dan Polandia menggunakan bahasa ini untuk percakapan sehari-hari. Sedangkan orang Perancis, Italia yang tinggal di daerah perbatasan juga lebih sering menggunakannya untuk bercakap-cakap dalam situasi yang tidak resmi atau formal.

Sementara itu di daerah Argentina bagian Selatan, Namibia dan komunitas Armish di negara Amerika Serikat juga berbicara bahasa ini namun dalam lingkup yang terbatas. Dan saat ini menurut data terakhir, pengguna bahasa Jerman di seluruh dunia mencapai seratus tigapuluh lima juta orang dan mendapat rangking sembilan dalam hal jumlah penuturnya serta tingkat kepopulerannya.

Tinggalkan komentar

Filed under Bahasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s