Strategi Belajar Bahasa Jerman

Bahasa Tahukah Anda Strategi Belajar Bahasa Jerman? Meski pernah mengalami kemunduran akibat kalah perang, namun negara Jerman berhasil membangun negerinya dari kehancuran. Dengan kerja keras dan disiplin yang tinggi, bangsa Jerman telah mampu mensejajarkan dirinya sebagai negara maju tidak saja di Eropa, namun juga di dunia.

Jerman, Raksasa Eropa

Banyak media yang mengatakan bila Jerman adalah raksasa dunia. Semua memang mengakui kehebatan Jerman, terutama di bidang teknologi. Banyak yang tertarik untuk belajar Bahasa Jerman. Tentu saja agar bisa menimba ilmu dari negara ini untuk diterapkan di negerinya sendiri.

Tidak terkecuali orang Indonesia. Mereka yang haus akan ilmu pengetahuan pasti dengan senang hati mau belajar Bahasa Jerman. Selain bisa melakukan transfer atau alih teknologi, juga akan ada keuntungan lain yang bisa didapat. Misalnya tentang budaya dan sosial.

Bangsa Jerman punya perjalanan sejarah yang cukup panjang dan menarik untuk dipelajari. Bila Anda bisa menguasai Bahasa Jerman, akan lebih mudah untuk mengetahui kehidupan sosial masyarakat serta sejarah masa lalunya. Ini bukan berarti Anda mengesampingkan budaya bangsa sendiri. Justru bila bisa memahami budaya bangsa lain, akan menambah pengetahuan dan lebih mudah mengembangkan budaya Anda.

Strategi Belajar Bahasa Jerman

Belajar Bahasa Jerman sebenarnya tidak begitu sulit. Cara pengucapannya lebih jelas dan cocok dengan lidah Indonesia. Anda memang perlu mengetahui beberapa trik agar lebih cepat bisa berbicara Bahasa Jerman. Trik-trik itu adalah:

  • Berpikir Positif. Selalu tanamkan dalam pikiran Anda bila bisa memahami Bahasa Jerman, maka Anda akan memperoleh beberapa keuntungan. Ini akan menjadi pemicu semangat belajar Anda. Buanglah segala macam pikiran yang mengganggu serta membuat Anda kehilangan semangat.
  • Jangan Melakukan Perbandingan. Misalnya Anda membandingkan Bahasa Jerman dengan Bahasa lain seperti Inggris atau Perancis. Ini akan membuat Anda kesulitan ketika mulai belajar Bahasa Jerman. Setiap bahasa pasti punya sistem dan tata cara tersendiri dalam pengucapan serta penggunaannya.
  • Buatlah Forum. Harus diakui bila dibandingkan dengan orang yang mempelajari Bahasa Inggris, pasti akan kalah jauh. Buatlah perkumpulan agar Anda punya teman yang sama-sama ingin belajar Bahasa Jerman. Ini dapat dijadikan pendorong semangat. Selain itu bisa saling bertukar ilmu dan praktek bicara bahasa Jerman bersama-sama.
  • Jangan Malu Bertanya. Terutama jika menghadapi kesulitan. Entah itu tentang pengucapan kata, penggunaan atau tata kalimat. Caranya sama dengan yang nomor tiga di atas.
  • Banyak Membaca dan Mendengar. Ini akan memudahkan Anda untuk menambah perbendaharaan kata serta bisa mengetahui cara melafalkan serta penggunaannya.
  • Tekun Berlatih. Selain dengan teman sendiri, usahakan juga melakukan praktek bicara langsung dengan orang Jerman sendiri. Anda bisa mengetahui kwalitas dari pengetahuan serta pengucapan bahasa yang sedang Anda pelajari.
  • Sabar. Belajar Bahasa Jerman itu butuh waktu yang tidak singkat. Jangan mudah bosan dan malas. Yang penting adalah selalu disiplin dan terus belajar terus menerus. Yakinlah bila usaha yang keras itu pasti menghasilkan sesuatu yang baik pula.

1 Komentar

Filed under Bahasa

One response to “Strategi Belajar Bahasa Jerman

  1. terimaksih gan tutorialnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s